Wisata Jabar

Pantai Sindangkerta, Potensi Wisata Unggulan di Tasikmalaya



Pantai Sindangkerta Cipatujah Tasik

Kawasan Priangan Timur memang memiliki pesona wisata alam yang bila terus dioptimalkan bisa menarik kunjungan wisatawan. Kawasan Priangan Timur punya potensi wisata alam pegunungan hingga pantai. Salah satunya Pangandaran yang sampai sekarang terkenal sebagai salah satu tempat wisata unggulan yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Namun, selain Pangandaran, beberapa tempat wisata pantai di Priangan Timur pun mulai bergeliat dengan membenahi diri.

Salah satunya destinasi wisata Pantai Sindangkerta di daerah Tasikmalaya yang mulai menarik perhatian para pelancong. Nama pantai ini pun mulai ramai jadi perbincangan para netizen di media sosial. Terletak kurang lebih 75 km dari pusat kota Tasikmalaya ke arah selatan, Pantai Sindangkerja di Kecamatan Cipatujah memiliki garis pantai yang indah dipandang mata.

Pesona wisata Pantai Sindangkerta
Selain itu, banyaknya pohon di tepian pantai, juga menambah keindahan pantai yang mulai ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai kota di Jawa Barat ini. Lokasi pantai yang landai juga sangat aman untuk tempat berenang. Airnya memang bening dan karangnya tidak tajam, jadi aman buat berenang. Juga Ketinggian air laut di bibir pantai yang hanya sebetis orang dewasa terbilang aman untuk berenang. Sore hari jika cuaca cerah, para wisatawan biasa berfoto selfie saat sunset.

Untuk mencapai pantai di wilayah Tasikmalaya Selatan ini dapat mengendarai kendaraan pribadi atau kendaraan umum dari pusat Kota Tasikmalaya. Bila Anda yang hobi touring, bisa mencoba menjajal menuju pantai nan indah ini. Wisatawan bisa berkendara sambil melihat pemandangan alam. Untuk jalurnya pun jalan menuju pantai selatan terbilang mulus dengan jalur berliku-liku dengan hamparan pemandangan hijau di kiri-kanan jalan.

Rute dan angkutan umum ke Pantai Sindangkerta
Bila Anda berpetualang menggunakan kendaraan umum dan dari luar kota bisa naik bus ke Terminal Indihiang Tasikmalaya. Lepas dari terminal ini naik bus jurusan Tasikmalaya-Cipatujah. Bila naik kereta api,  turun di stasiun kota Tasikmalaya, lalu naik angkot nomor 08 jurusan Cilembang, turun di pertigaan Rancabango.

Kemudian dari Rancabango naik angkutan umum nomor 10 menuju terminal bus Tasikmalaya. Untuk perjalanan dari pusat kota Tasik ke Pantai Sindangkerta, membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 - 3 jam bila perjalanan lancar. Bila masih bingung dengan rute keberangkatan dari kota Anda, silakan search "Pantai Sindangkerta" di Google Maps.

Pantai Sindangkerta, di Desa Sindangkerta, Kecamatan Cipatujah. Pantai Sindangkerta lokasinya tak jauh dari dari Pantai Cipatujah (sekitar 4 km). Keistimewaan pantai ini, wisatawan bisa melihat taman laut yang indah seluas 20 hektare. Taman laut ini sering disebut dengan Taman Lengsar. Biota laut yang sering nampak di Taman Lengsar di antaranya bintang laut, ikan hias, siput, kerang, dan kepiting kecil.

Di pantai ini pun biasa digelar kegiatan melepas Penyu Hijau (chelonia mydas) ke laut pada waktu tertentu. Usaha pelestarian penyu tersebut dilakukan sejumlah pihak, seperti di tempat pelestarian penyu 'Pondok Jaga Tegal Sereh' yang dilakukan BKSDA Departemen Kehutanan RI dan Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Tasikmalaya.

Tak jarang kawasan Pantai Sindangkerta pun biasa dijadikan lokasi untuk menggelar beberapa agenda event kesenian masyarakat Tasikmalaya setiap tahunnya, diantaranya hajat lembur dan gelar budaya, seperti kesenian lengkong, tutunggukan, nutu lisung, calung tarawangsa, hingga kebudayaan aseuk hatong atau prosesi menanam padi secara tradisional yang dilengkapi alunan musik khas Sunda.

Tarif masuk Pantai Sindangkerta
Saat libur Lebaran, Tahun Baru, dan musim liburan anak sekolah, pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Untuk tiket masuk Pantai Sindangkerta Rp 3.500. Para pengunjung pun bisa menyewa ban renang dengan harga yang cukup terjangkau yakni Rp 10.000 untuk ukuran besar, dan Rp 5.000 untuk ukuran satu orang.

Sementara untuk fasilitas yang sudah ada di antaranya, kamar ganti, kamar mandi atau toilet, dan mushala. Ada juga para pedagang yang menjajakan makanan ringan, hingga berjualan asesoris khas pantai. Bila ingin bermalam, di sini pun ada hotel dan penginapan dengan kisaran harga Rp300.000. Bagi yang ingin bersantai di bibir pantai, bisa juga menyewa tikar.

Tidak dapat dipungkiri, Pantai Sindangkerta semakin hari bisa jadi destinasi wisata unggulan di Kab. Tasikmalaya. Masyarakat dan pegiat wisata di sini pun sudah bergerak dengan terus membenahi tempat wisata potensial ini. Hanya tinggal sentuhan keterlibatan pihak Pemkab Tasikmalaya yang harus lebih bergiat lagi secara optimal, di antaranya dengan menambah petunjuk arah ke pantai ini dari mulai pusat kota Tasikmalaya dan jalur yang dilalui; penambahan fasilitas; penyediaan SDM seperti penjaga pantai dan pusat informasi wisata; sampai bentuk promosi lebih intens di berbagai media.