Wisata Jabar

Kemenpar Gelar Promosi Wisata Indonesia di Tiongkok



Indonesia Festival 2018 di Shanghai China

Sebagai salah satu negara yang potensial untuk menarik kunjungan wisatawan ke Indonesia, Kementerian Pariwisata serius membidik pangsa pasar wisata negeri Tiongkok. Menteri Pariwisata Arief Yahya terjun langsung mempromosikan wisata Indonesia di Tiongkok. Pada Minggu, 6 Mei 2018, dilaksanakan kerjasama kegiatan Indonesia Festival (InaFest) sebagai bagian dalam InaWeek 2018.

Ini merupakan langkah bersama Kementerian Pariwisata RI dengan KJRI Shanghai dan Indonesia Chamber (INACHAM), serta sejalan dengan arahan Presiden agar masing-masing K/L saling berkoordinasi dan bahu-membahu mempromosikan Indonesia di luar negeri sehingga tidak “tercecer” dan sinergis Indonesia Incorporated!

Promosi terpadu
Tujuan kegiatan ini adalah promosi terpadu antara tourism, trade dan investment. Melalui kegiatan ini diharapkan ada penambahan daya jangkau dan daya penetrasi pada pasar baik untuk kepentingan perdagangan ekspor, menarik wisatawan mancanegara dan menarik penanaman modal asing di Indonesia. Berdasar data tahun lalu wisatawan asal Tiongkok ke Indonesia menempati posisi 1 dengan jumlah total 2 juta wisman, dan hal ini menunjukkan growth 40% dari tahun 2016.

Pameran Pariwisata, Produk, dan Budaya Indonesia "InaWeek" di Shanghai, China, pada 4-13 Mei 2018 juga dimaksimalkan untuk mempromosikan ajang Asian Games yang digelar di Jakarta dan Palembang tanggal 18 Agustus 2018 nanti.  Asian Games yang dihelat pada 18 Agustus sampai 2 September 2018 tidak hanya dihadiri atlet dan ofisial, melainkan juga suporter yang mendukung pesta olahraga empat tahunan terbesar di Asia itu.

Apalagi China yang selalu menjadi juara umum dalam ajang tersebut diperkirakan akan banyak mengirimkan atlet, ofisial, dan suporter ke Jakarta dan Palembang. Kementerian Pariwisata RI bersama PemProv. DKI Jakarta ikut ambil bagian pada ajang InaWeek selain sejumlah BUMN seperti Garuda Indonesia dan beberapa perusahaan dari Indonesia.

InaWeek dipusatkan di Oriental Pearl Tower (OPT) yang merupakan ikon Kota Shanghai yang dikenal secara internasional sebagai salah satu gedung pencakar langit tertinggi di dunia. KJRI Shanghai sendiri sudah dua kali menggelar InaWeek di objek wisata terpopuler di Shanghai itu.