Wisata Jabar

Hutan Kota Mayasih, Wisata Area Publik Instagramable di Kuningan




Hutan Kota Mayasih Cigugur Kuningan

Nama Hutan Kota Mayasih di Jln. Lumbu, Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, kini makin menarik perhatian wisatawan. Bukan hanya wisatawan yang datang dari Kab. Kuningan, namun banyak juga pelancong yang datang ke area wisata ini dari luar kota lain. Tempat wisata alam ini menjadi destinasi favorit saat musim liburan sekolah, libur Lebaran, liburan Tahun Baru, dan hari libur nasional lainnya.

Sejak mulai dibuka untuk umum jumlah pengunjung yang mengunjungi Hutan Kota Mayasih ini semakin ramai terlebih ketika libur panjang atau weekend tiba. Salah satu alasannya adalah selain karena suguhan view panoramanya yang indah, untuk masuk ke area ini para pengunjung dikenakan retribusi masuk Rp5000 saja.

Selain menyajikan pemandangan yang instagramable buat berfoto selfie, Kawasan Hutan Kota Mayasih juga menyajikan aneka pemandangan menarik bagi pengunjung. Area hutan kota ini dulunya merupakan kawasan penambangan batu.

Sisa-sisa bebatuannnya sendiri masih terlihat, bahkan menjadi salah satu daya tarik utama bagi para pengunjung. Untuk ukuran batu-batunya sendiri beragam. Selain itu daya tarik lain dari kawasan Hutan Kota Mayasih adalah terdapatnya beberapa gazebo, serta taman yang cukup nyaman untuk berteduh.

Dari beberapa sudut area hutan kota yang berada di perbukitan berketinggian sekitar 620 meter di atas permukaan laut itu, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan indah berupa hamparan alam terbuka ke arah Kuningan kota dan sekitarnya.

Kawasan tersebut dilengkapi alur-alur jalan yang saling terhubung selebar lebih kurang 1,5 meter untuk jalan kaki pengunjung. Dengan luas area sekitar 3 Hektare itu dibangun Pemkab Kuningan secara bertahap sejak tahun 2006. Pembangunan hutan kota itu baru tuntas serta diresmikan pada September 2014.

Adapun fasilitas penunjang di Hutan Kota Mayasih diantaranya adalah toilet, gazebo, kantin dan area parkir. Hutan Kota Mayasih mulai buka pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore.