Curug Cikuluwung, Pesona Air Terjun dan Ngarai Eksotis di Bogor

Wisata air terjun yang sedang ngehits ini berada di Kampung Suka Asih, Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Kabupaten Bogor. Air terjun ini berasal dari Hulu Curug Seribu. Pemandangan seperti Green Canyon mini versi Bogor ini memang menyajikan sungguhan alam nan ekstotis dengan air berwarna biru.

Diapit oleh dinding batu yang indah dan unik, seperti diukir. Apabila tersorot sinar matahari, dinding batu memancarkan warna yang eksotik. Air terjun ini sangat cocok untuk bagi yang suka dengan tantangan dan wisata yang memacu adrenalin.

Di tengahnya mengalir aliran sungai Cikuluwung yang jernih, turun dari atas tebing dengan ketinggian sekira 5 meter. Sehingga tak jarang pengunjung datang bukan hanya untuk berenang, tapi juga berfoto. Terdapat pula sebuah spot di atas tebing untuk melihat pemandangan air terjun Cikuluwung. Curug Cikuluwung memiliki kolam kecil yang airnya mengalir menuju sungai mungil di hadapannya.

Di lokasi, untuk menuju aliran air terjun pengunjung harus menuruni tangga yang cukup curam di dinding tebing.  Setelah melalui anak tangga dari bambu, barulah pengunjung disuguhkan pemandangan aliran air bertingkat yang indah.

Untuk menuju Curug Cikuluwung, dari Kota Bogor menuju Dramaga–Ciampea-Cikampak–Cibatok–dilanjut menuju pertigaan Cemplang.  Kemudian masuk ke pertigaan Cemplang (belok kiri) lurus terus sekitar 45 menit untuk kemudian masuk ke belokan yang cukup curam di sebelah kanan (biasa disebut Gang Gardu), kita akan menemukan gang tersebut setelah melewati Sungai Cikuluwung.

Selanjutnya pengunjung harus melewati jalan berbatu sekitar 10 menit sebelum bertemu papan petunjuk Curug Cikuluwung. Untuk tempat parkiran ada di permukiman warga. Nah, dari parkiran rumah warga perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati kebun warga selama 5 menit hingga sampai di lokasi pos loket masuk Curug Cikuluwung.