Wisata Jabar

14 Wisata Alam Paling Ngehits Favorit Wisatawan di Depok




Wisata alam di Depok

Depok memiliki empat potensi wisata yaitu wisata alam, wisata buatan, wisata budaya dan wisata pendidikan. Keempat potensi tersebut masih dapat dikategorikan antara lain wisata alam dengan adanya 22 situ di Depok dan wisata Sungai Ciliwung. Sedangkan untuk wisata buatan di Depok ada Di Kandang Amazing Farm, Godong Ijo, Masjid Kubah Emas, Taman Doa GPI Kamboja, taman rekreasi air, dan masih banyak lagi.

Berikut beberapa tempat wisata alam pilihan yang bisa jadi alternatif buat Anda berwisata di Kota Depok:

1. Situ Rawa Besar Lio
Kawasan Setu Rawa Besar Lio selain menjadi salah satu lokasi olah raga air Kota Depok juga dapat dijadikan sarana rekreasi memancing maupun bersantai warga sekitar. Lokasinya di Perumnas Depok Satu, Kelurahan Depok Jaya, Kec. Pancoran Mas (Panmas).

2. Agrowisata Belimbing Dewa
Depok merupakan kota yang mendapat julukan sebagai kota Belimbing karena memiliki kebun belimbing terbesar di Indonesia. Ditempat ini anda dapat berkeliling kebun sambil ditemani oleh petani yang memiliki pengalaman berkebun yang tinggi. Selain anda dapat merasakan manisnya belimbing dewa, disini anda juga bisa belajar tentang bagaimana cara budidaya pohon belimbing yang baik dan bensar.

3. Telaga di Universitas Indonesia
Kawasan Universitas Indonesia (UI) terkenal dengan keasriannya, meskipun kini kian tergerus. Bahkan kampus ini memiliki enam buah telaga yang masing-masing memiliki nama seperti Kenanga, Agathis, Mahoni, Puspita, Ulin, dan Salam. Apabila digabung, maka keenam telaga itu akan membentuk kata 'KAMPUS'.

4. Situ Pengasinan
Situ ini terletak di Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan. Di tempat ini, pengunjung bisa menjelajahi danau dengan sepeda air, bersantai di balai bambu, atau memancing di bawah pepohonan yang rindang

5. Situ Citayam
Barangkali telaga ini adalah yang paling mudah dicapai dengan kereta komuter. Pengunjung hanya perlu berjalan kaki sekitar 15 menit dari kawasan stasiun ke arah barat. Banyak orang yang menghabiskan waktu untuk memencing di tempat ini

6. Hutan Kota Depok
Jika anda mulai merasa penat dengan hiruk pikuknya suasana kota, cobalah sesekali untuk berwisata ketempat yang lebih tenang misalnya hutan. Hutan Kota Depok ini kerap menjadi piliah banyak orang yan gmingin menghirup udara segar karena memang dikota Jakarta cukup sulit untuk merasakan bagaimana sejuknya udara segar. Disini anda dapat melakukan berbagai kegiatan misalnya jalan-jalan sambil berolahraga, bersepeda ataupun memancing karena disekitar hutan tersebut juga terdapat danau yang banyak terdapat ikan kecil.

7. Situ Asih Pulo
Situ yang terletak di Kelurahan Rangkapan Jaya, Pancoran Mas, ini menjadi salah satu kawasan favorit. Karena berbagai fasilitas penunjang seperti taman, lapangan, dan wahana sepeda air sudah tersedia untuk membuat nyaman pengunjung.

8. Kampung 99 Pepohonan
Nah, bagi anda yang hoby memacu adrenalin dengan memainkan berbagai jenis permainan outbond? Tempat ini nampaknya sangat cocok untuk anda. Disini anda dapat melakukan berbagai kegiatan yang menarik misalnya flying fox dll. Kampung 99 memiliki nuansa hijau yang alami dengan suasana yang sejuk serta rimbunnya pepohonan disekitar kampung cukup membuat pengunjung meras betah ditempat ini.

9. Situ Cilangkap
Jika ingin mendapatkan ketenangan dan sejenak menjauh dari hiruk pikuk kota, Stu Ciangkap bisa menjadi pilihan yang tepat. Telaga yang terletak Jalan Cilangkap, Kecamatan Tapos, ini memang belum dipadati fasilitas penunjang pariwiata namun cukup terawat karena dekat dengan permukiman penduduk.

10. Godong Ijo
Godong Ijo merupakan tempat wisata yang sekaligus menjadi sarana edukasi bagi anak-anak anda. Godong Ijo ini terletak di Kecamatan Sawangan Kabupaten Depok. Karena berada ditempat yang cukup strategis membuat taman wisata ini cepat dikenal masyarakat luar dan bagi anda yang menyambangi tempat wisata ini? Ada beberapa fasilitas yang terdapat sekitar lokasi wisata misalnya kolam, green house, area memancing, vertical garden dan beberapa tempat wisata lain yang menunjang program edukasi.

11. Situ Bojongsari 
Telaga ini yang berada di Kecamatan Sawangan, adalah lokasi wisata danau yang cukup sepi dan tenang. Di kawasan tersebut, Anda bisa mendapati berbagai pepohonan hijau yang cukup rindang.

12. Taman Bunga Wiladatika
Jika anda mencari tempat wisata yang romantis, Taman Bunga Wiladatika inilah jawabannya. Taman Bunga Wiladatika tempat liburan keluarga yang murah meriah sehingga kerap menjadi sarana bermain bagi masyarakat setempat. Ada berbagai jenis permainan ditaman ini misalnya kolam air mancur, taman bunga, taman bermain, air terjun dan goa mini.

13. Situ Cilodong
Terletak di Kelurahan Kalibaru, Sukmajaya, telaga ini menjadi 'rumah' para atlet untuk berlatih kayak. Tak heran jika kebersihan di tempat ini cukup terjaga.

14. D’Kandang Amazing Farm
D’Kandang Amazing Farm yang terletak di Pasir Putih, Sawangan, Kota Depok. Tempat ini bukanlah peternakan biasa. Di tempat wisata di Depok ini, terdapat berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan oleh anak-anak. Buah hati Anda dapat berinteraksi langsung dengan hewan ternak seperti sapi, kambing, atau kuda. Mereka juga dapat mencoba melakukan kegiatan bercocok tanam