Wisata Jabar

10 Wisata Kuliner Kota Bogor Favorit Wisatawan



10 Wisata Kuliner Kota Bogor Favorit Wisatawan

Berikut ini 10 kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi saat liburan.

1. Asinan Gedung Dalam
Asinan Sedap Gedung Dalam merupakan kuliner Bogor ikonik yang melegenda dan bersejarah. Gedung Dalam berdiri sejak 1875. Kala itu, bangunan ini dan digunakan untuk menampung orang-orang bermarga Tan. Sementara, penggunaan gedung sebagai sentra jajan asinan telah dimulai dari tahun 1970.

Ada dua jenis asinan di Gedung Dalam. Yakni asinan buah dan asinan sayur. Keduanya memiliki rasa yang pedas dan asam, tetapi tidak menyengat. Larutan yang dipakai untuk merendam buah tidak menusuk hidung, karena pencampuran larutan dengan bahan buah atau sayur baru dilakukan ketika pengunjung datang dan memesannya.

Asinan buah berisi nanas, bangkuang, pepaya serta ubi. Kadang juga dilengkapi salak dan apel pada musim tertentu. Untuk asinan sayur, bahan-bahan andalan Asinan Sedap Gedung Dalam terdiri dari kombinasi kol, timun, taoge dan wortel.

Harga asinan yang ditawarkan tidak lebih dari Rp25.000 untuk satu porsi. Jika ingin mencoba kuliner ini, silakan datang ke Jalan Siliwangi No. 27, Bogor Timur. Asinan Sedap Gedung Dalam buka setiap hari mulai pukul 9.00-21.00 WIB.

2. Macaroni Panggang (MP) Bogor
Tempat wisata kuliner selanjutnya adalah Macaroni Panggang (MP) Bogor. Dengan menu andalan tesebut, banyak sekali mobil plat B maupun D, datang ke tempat ini.

Selain menyuguhkan Macaroni Panggang, tempat ini juga menawarkan menu makanan khas Italia lainnya. Tempatnya cozy abis. Cocok banget buat ngumpul bareng temen, keluarga maupun dengan pasanganmu. Alamat Macaroni Panggang Bogor berada di Jl. Salak No.24 Babakan Bogor .

3. Sop Duren Lodaya
Durian dikenal juga dengan julukan The King of Fruit. Selain bisa dimakan secara langsung, durian juga bisa diolah menjadi dessert yang sangat menggiurkan.

Salah satu tempat kuliner di Bogor yang menyediakan segala macam olahan durian adalah Sop Duren Lodaya. Salah satu menu yang direkomendasikan adalah Sop Durian Kacang Ijo lengkap dengan potongan roti. Sop durian disajikan dalam mangkuk berkaki tinggi, dengan isian buah durian, santan, parutan keju, serta es batu. Anda juga bisa memilih topping yang menggoda, seperti buah-buahan, biskuit, brownies, ketan, kacang ijo, atau roti.

Sejak berdiri pada pertengahan tahun 2013, kuliner Bogor yang satu ini selalu menggunakan buah durian asli, tanpa perasa tambahan. Di tempat wisata kuliner ini, Sop Durian tersedia dalam pilihan Porsi Pas dan Porsi Mabok.

Harga yang ditawarkan antara Rp35.000-Rp70.000. Sop Duren Lodaya dapat Anda temukan di Jalan Bangbarung Raya, Bogor Utara, antara pukul 10.00-22.00 WIB.

4. Kedai Soto Ibu Rahayu
Kedai Soto Ibu Rahayu menyediakan panganan soto yang unik. Dan pastinya berbeda dari soto pada umumnya. Seperti Soto Wagyu yang berasal dari daging premium dan Soto Rica-rica yang pedasnya menggoda lidah. Semuanya berpadu dengan pilihan kuah bening yang gurih atau kuah santan kental yang lezat.

Soal harga sangat terjangkau. Soto disini di bandrol dari harga Rp 15.000 – Rp. 48.000. Selain menawarkan sensasi makan soto yang berbeda, fasilitasnya juga memadai. Seperti lahan parkir yang luas, mushola, toilet, free wifi dan charger. Jadi tunggu apa lagi? Ayo mampir ke Kedai Soto Ibu Rahayu di Jl. Pajajaran No. 117 (Seberang RS mulia).

5. Resto Cimory
Berada di Puncak Bogor siapa sih yang tidak mengenal Resto Cimory. Cimory diambil dari kependekan kata Cisarua Mountain Dairy. Cimory terkenal dengan produk susu sapi dan yoghurtnya. Tapi, Cimory juga memiliki restoran dengan view yang indah dan menu yang lezat.

Ada dua gerai Cimory Resto di Bogor, yakni Cimory Mountview dan Cimory Riverside. Cimory Mountview menawarkan pemandangan pegunungan, barisan pohon-pohon dan deretan furniture serta ornamen kayu di setiap sudut resto. Sementara Restoran Cimory Riverside Letaknya di pingir sungai dan bangunannya dirancang tinggi bertingkat. So, datang saja ke kawasan Puncak Cisarua jika penasaran dengan Cimory.

6. Soto Bogor Pak Salam
Kuliner yang satu ini cukup legendaris di Kota Hujan. Konsep yang ditawarkan Soto Bogor Pak Salam adalah pelanggan bebas memilih sendiri daging atau jeroan yang akan dihidangkan.

Terdapat istilah unik seperti “Calling” untuk meminta nasi tambah atau “distel” untu memilih daging kesukaan pelanggan. Warung ini buka jam 16.30. Jika anda ingin merasakan sensasi kuliner ini anda harus datang tepat waktu. Pasalnya jam 19.00 Soto Bogor Pak Salam biasanya sudah habis saking lakunya. Soto Bogor Pak Salam berada di Jl. Siliwangi (Gang Aut) Suryakancana, Bogor.

7. Toge Goreng Bu Hj. Omah
Toge goreng adalah kuliner legendaris yang sangat khas Kota Bogor. Tempat yang direkomendasikan adalah Toge Goreng Bu Hj Omah. Di kedai ini, pembeli bisa melihat langsung toge goreng yang sedang diracik. Alat memasaknya pun masih menggunakan kuali tungku kayu bakar. Tapi tahu ngga, dikuliner ini bukan toge yang digoreng.

Dalam prosesnya toge direbus tetapi tetap menjaga supaya teksturnya tetap renyah, setelah matang toge lalu diberi topping tahu kuning dan disiram dengan saus tauco dan sedikit kecap manis.

Di Toge Goreng Ibu Hj Omah, saus tauconya mereka bikin sendiri. Jadi, saus mereka mempunyai tekstur yang lebih kental, tidak berbau menyengat dan sedikit berasa pedas. Untuk membungkus toge gorengnya pun mereka menggunakan daun patat yang konon bisa mempertahankan rasa asli dari toge goreng.

Toge Goreng Ibu Hj.Omah selalu ramai pembeli. Saat weekend, bisa menghabiskan 20-25 kilogram toge. Seporsi besar toge goreng dijual seharga Rp 16 ribu. Jadi jangan lupa mampir ke Toge Goreng Ibu Hj.Omah yang beralamat di Jalan Jend. Sudirman No. 23 A, Pabaton, Bogor Tengah.

8. Momo Milk Barn
Tema peternakan yang ditampilkan Momo Milk sangat sayang Anda lewatkan ketika menjelajah kuliner di Bogor. Sejak di pintu masuk, nuansa kehidupan peternakan langsung terpancar dari hiasan interiornya. Gambar-gambar lucu yang ada di tempat kuliner Bogor ini pasti akan disukai anak-anak, orang dewasa pun akan terpuaskan dengan panorama taman yang hijau.

Ruangannya dirancang semi outdoor. Tapi justru konsep ini sangat tepat untuk memesan sejumlah minuman dingin yang siap menyegarkan tenggorokan.

Pesanlah susu yang tersedia dalam beragam pilihan. Seperti rasa buah-buahan, nutella, green tea, dan hershey’s. Nikmati juga sajian yoghurt serta aneka kudapan dan main course yang sangat menggugah selera. Untuk satu hidangan berisi ketiga menu tersebut, Anda hanya perlu membayar kurang dari Rp65.000. Momo Milk Barn ada di Jalan Kantor Pos No. 6, Bogor Timur.

9. Nicole's Kitchen and Lounge
Nicole’s Kitchen & Lounge adalah sebuah alternatif yang sangat menyenangkan. Apalagi untuk menghindari kebisingan ibukota. Disini Anda dapat menikmati udara segar di daerah pegunungan. Lidah pun akan dimanjakan dengan makanan dan minuman yang di sediakan.

Nicole's Kitchen and Lounge menyajikan masakan Amerika, Asia, Indonesia, bahkan untuk vegetarian. Salah satu menu andalannya adalah burger hitam yang dijual satu paket dengan french fries.

Tempat ini juga memiliki lokasi outdoor. Lengkap dengan tempat makan dan juga gazebo, pengunjung dapat menikmati makanan mereka sambil memanjakan mata dengan suasana pegunungan Bogor yang asri dan sejuk. Selain itu, ruang outdoor ini juga seringkali dijadikan tempat untuk berfoto ria. Jadi silahkan hunting foto cantik anda di Nicole's Kitchen & Lounge, Kampoeng Brasco, Jl. Raya Hanjawar No. 1, Bogor Selatan.

10. Death by Chocolate & Spaghetti
Berwisata ke Bogor memang banyak macamnya. Salah satu yang wajib dicoba adalah wisata kuliner dengan nuansa horor. Yaitu di Death by Chocolate & Spaghetti.

Cafe yang berdiri sejak tahun 2006 ini awalnya belum 100% menyajikan suasana seram seperti sekarang. Namun konsepnya semakin dikukuhkan setelah cake andalannya, Death by Chocolate, yang gelap dan dihiasi garnish coklat berbentuk nisan mendapat apresiasi banyak pengunjung.

Tapi bukan cuma suasananya yang bikin tempat ini layak untuk dikunjungi. Sesuai namanya, menu andalannya tentu saja berbagai cake, olahan coklat lezat dan spaghetti nikmat yang bisa disajikan dengan berbagai cara. Salah satu yang menjadi favorit kebanyakan pengunjung adalah spaghetti schotel. Jadi kalau Anda cukup bernyali merasakan nikmatnya coklat yang satu ini. Silahkan langkahkan kaki anda ke Jalan Ceremai No. 22, Bogor Tengah.