Wisata Jabar

Tips Wisata Murah Meriah di Bandung



Tips wisata murah meriah di Bandung

Wisata ke Bandung di era kekinian menjadi trend tersendiri terutama bagi kaum muda. Bandung dengan segala pesonanya menjadi tujuan para wisatawan untuk menikmati sajian pemandangan alam, rekreasi, berburu kuliner, hingga berswafoto alias berselfie ria. Khusus untuk anak-anak muda, berselfie di beberapa tempat wisata di seputaran Bandung menjadi kebanggaan dan kenangan tersendiri saat diunggah ke media sosial seperti instagram atau facebook.

Namun di balik itu semua kadang terselip keraguan untuk menjelajah wisata di seputaran Bandung karena alasan klasik: budget. Ya, pendanaan memang kadang jadi batu sandungan bagi siapapun yang ingin berwisata terutama kaum muda. Lalu bagaimana bila ingin wisata di seputaran Bandung dengan low budget alias wisata murah meriah?

Berikut ini kami berikan beberapa tips seputar bagaimana wisata murah meriah di Bandung tapi dengan petualangan yang memuaskan.

1. Kenali dulu wilayah Bandung
Wisatawan biasanya hanya mengenal kata "Bandung" saat wisata ke kota ini. Entah itu ke Lembang, Ciwidey, atau Alun-alun disebutnya hanya Bandung. Nama "Bandung" sendiri untuk masyarakat Bandung biasanya sebutan untuk wilayah Kota Bandung.

Secara geografis, Bandung sendiri terdiri atas wilayah pemerintahan yakni Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan satunya lagi Kota Cimahi. Beberapa tempat wisata terkenal yang biasa disambangi wisatawan yakni Ciwidey ada di Kab. Bandung dan kawasan Lembang ada di Kab. Bandung Barat. Sementara untuk wisata taman-taman yang ngehits di era pemerintahan Wali Kota Ridwan Kamil adanya di Kota Bandung seperti Taman Jomblo, Teras Cikapundung, Gedung Merdeka, Teras Cihampelas, Alun-alun Regol, Taman Sejarah, Alun-Alun Cicendo, dll.

2. Susun prioritas kunjungan ke tempat-tempat wisata
Ini yang paling penting. Cara terbaik wisata low budget ke Bandung harus memikirkan lokasi-lokasi wisata, ambil saja yang ngetrend. Bila kamu ingin menjajal tempat wisata dari kawasan Lembang, Kota Bandung, hingga Ciwidey lumayan menguras waktu dan tenaga. Kecuali memang ingin beberapa hari menjelajah wisatanya.

Cara paling mudah adalah tentukan lokasi-lokasi wisata yang akan disambangi. Misal:
a. Hari pertama
Jelajah wisata yang ngehits di kawasan Ciwidey (Kab. Bandung), beberapa tempat wisata ngehits di sini:
- Kawah Putih
- Situ Patenggang plus Glamping Lakeside/Perahu Pinisi
- Berforo-foto di area perkebunan teh Rancabali
- Wisata ala kampung ala Eropa di Barusen Hills
- Ciwidey Valley Resort
- Pemandian air panas Ciwalini (low budget bisa di Cimanggu)
- Bumi perkemahan dan penangkaran rusa Rancaupas

b. Hari kedua
Ke kawasan Lembang dan kawasan Parongpong/Cisarua (Kab. Bandung Barat), Dimana ada tempat-tempat wisata ngehits di antaranya:
- Dusun Bambu
- Floating Market
- Curug Pelangi/Curug Cimahi
- Grafika Cikole dan Cikole Resort
- Rumah Hobbit Farmhouse Susu Lembang
- The Lodge Maribaya
- De Ranch
- Tangkuban Parahu
- Rumah Kardus
- Curug Maribaya
- Kebun Bunga Begonia, dan lainnya

c. Hari ketiga
Bisa ke kawasan Kota Bandung. Di sini lebih mudah aksesnya dan tak memakan biaya yang besar karena sebagian besar tempat wisata publik di Kota Bandung itu gratis. Di Kota Bandung bisa ke kawasan wisata:
- Jln. Cikapundung Timur (Gedung Merdeka)
- Taman Alun-Alun Bandung
- Jln. Braga
- Amazing Art World di kawasan Jln. Ledeng
- Taman-taman: Taman Balai Kota (di mana berdekatan dengan Taman Sejarah, Taman Badak, dan Taman Sungai Cikapayang), Taman Jomblo, Taman Vanda, Taman Radio, dll.
- Museum, misal Museum Geologi dan Museum Gedung Sate yang lokasinya berdekatan bisa jalan kaki.
- Di kawasan Bandung Utara bisa ke kawasan Punclut dimana ada tempat ngehits Lereng Anteng, D'Dieu Land, Rabbit Town, sentra kuliner Punclut, dll. Atau ke daerah wisata Dago (Tahura Juanda, Tebing Keraton, wisata kuliner di sekitaran kampus ITB dan Unpad, Dago Dreampark, dll.)

3. Moda transportasi ke Bandung mau naik apa?
a. Naik angkutan travel
Bila ingin naik travel, bisa berhenti di kawasan pusat perbelanjaan jeans Cihampelas atau Pasteur. Dari sini bisa langsung ke tempat-tempat wisata Bandung Utara atau ke Lembang.

b. Naik bus
Bila naik bus bisa turun di Terminal Leuwipanjang (bus dari arah barat seperti Jakarta, Depok, Bekasi) atau Cicaheum (bus dari arah timur/Jawa Tengah). Banyak angkutan kota menuju tempat wisata. Untuk turun di Terminal Leuwipanjang bisa langsung naik angkutan umum ke Ciwidey. Bila di Terminal Cicaheum bisa naik angkot atau bus kota ke Terminal Ledeng, dilanjut ke Lembang. Dari Cicaheum atau Leuwipanjang pun bisa langsung naik bus DAMRI ke arah Alun-Alun Bandung.

c. Naik kereta api
Bila naik kereta api turun di Stasiun Bandung. Lokasi wisata yang mudah dijangkau dari Stasiun Bandung yakni ke kawasan Lembang (tinggal langsung naik angkot ke Lembang) juga ke arah Jln. Braga dan Alun-Alun (tinggal naik angkot beberapa menit).

d. Naik kendaraan pribadi
Ini bila kamu rame-rame naik mobil pribadi bareng teman-teman. Tentunya akses akan lebih mudah. Misalnya bila ingin langsung ke Ciwidey dari Tol Cipularang tinggal ke arah tol Pasirkoja lalu teruskan ke arah Tol Soroja (Soreang-Pasirkoja) keluar tol Soreang dekat perkantoran Pemkab Bandung langsung bablas ke Ciwidey. Untuk ke Lembang tinggal keluar tol Pasteur dan pintu tol lainnya. Bila ingin ke kawasan pusat kota lebih baik keluar tol Buah Batu, Moh. Toha, atau Pasirkoja.

4. Naik transportasi apa setelah di Bandung?
Ini kembali ke pilihan dan niatan kamu untuk wisata jelajah Bandung dengan budget yang bisa ditekan. Tentunya beberapa pilihan angkutan umum bisa jadi prioritas dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Beberapa di antaranya:
a. Angkutan kota: ini lebih mudah dan murah sebagai sarana angkutan ke beberapa tempat wisata. Namun pengguna harus hafal trayek dan bisa menyambung dari satu angkot ke angkot lain. Kamu harus pandai mengenal trayek angkot, bisa menggunakan aplikasi trayek angkot di Bandung.
b. Bus DAMRI: ini lebih murah dan menjangkau beberapa kawasan wisata di pusat kota Bandung. Kekurangannya tidak menjangkau tempat wisata di pinggiran seperti ke Ciwidey atau Lembang.
c. Sewa mobil di Bandung. Ini lebih memudahkan perjalanan wisata, namun budget jadi bertambah. Pilihan sewa mobil lebih cocok bagi yang berpetualang wisata di Bandung secara rame-rame dengan nyewa mobil patungan.
d. Naik angkutan online. Ini juga bisa jadi pilihan dan lebih mudah turun naik ke tempat wisata dengan hanya pesan melalui aplikasi transportasi online. Untuk pilihan bisa naik taksi online atau ojek online.
e. Sewa ojek wisata. Ini sekarang sedang ngetren dengan biaya sewa full seharian antara Rp200 - 250 ribu. Kamu bisa diantar kemana-kemana dengan naik ojek wisata ini. Kelebihannya sang pengendara bisa menunggu kamu saat di tempat wisata dan juga lebih mudah perjalanannya. Maklum saja di Bandung biasa macet dimana-mana, apalagi ke tempat wisata saat musim liburan atau long weekend.

5. Pilihan menginap, kuliner, dan belanja
a. Menginap, bisa memilih tempat menginap di hotel-hotel melati, losmen/penginapan, sewa gues house, atau sewa kamar apartemen barengan. Bila Anda berjiwa petualang, bisa juga dengan memilih menginap di kawasan bumi perkemahan seperti di Cikole Lembang, Rancaupas Ciwidey, dan lokasi wisata lainnya. Tak perlu bawa tenda, bisa menyewa tenda di lokasi-lokasi wisata.
b. Kuliner, cari tempat makan yang low budget misal di kaki lima. Banyak tempat kuliner kaki lima di Bandung yang terkenal murah namun enak. Seperti di kawasan Jln. Cikapundung Barat, sepanjang Jln. Dipatiukur, Pasar Cihapit, atau Jln. Burangrang.
c. Belanja, cari tempat belanja yang low budget juga. Misal belanja di sepanjang Jln. Cihampelas, Pasar Andir, Parahyangan Plaza, kaki lima, Pasar Kosambi, dll.

6. Tips lainnya:
a. Pastikan perjalanan kamu efektif dan efisien. Sebelum berangkat ke Bandung tentukan tanggal wisata, transportasi apa yang akan digunakan, cek harga tiket tempat wisata, memilih penginapan, hingga perkiraan total budget.
b. Bawa perlengkapan, peralatan, dan perbekalan yang mendukung selama perjalanan wisata di Bandung seperti kamera, handphone, powerbank, tas, sepatu, makanan, pakaian, perlengkapan mandi, hingga obat-obatan pribadi.
c. Pehatikan keamanan. Jangan sampai saat di Bandung mengalami gangguan keamanan, misal HP atau dompet dicopet/dijambret. Selalu waspada dan hati-hati. Jangan mudah percaya pada orang yang menawarkan bantuan atau ngajak ngobrol tiba-tiba. Selalu waspada dan amankan barang bawaan kamu selama di perjalanan.
d. Jalin komunikasi dan interaksi dengan penduduk sekitar/orang Bandung. Bila perlu sampai kamu mendapatkan kenalan di Bandung. Jadi bila kamu dan teman-teman ke Bandung tidak susah lagi dengan segala informasi mengenai Bandung atau meminta bantuan mereka.
e. Manfaatkan segala informasi terutama dari internet mengenai tempat wisata. Baik itu lokasi maupun harga tiket. Kamu bisa mengeceknya di Google atau media sosial seperti Instagram dan Facebook. Beberapa tempat wisata di Bandung biasanya memiliki akun-akun medsos.