Wisata Jabar

Sumber Mata Air Panas Nanggewer, Potensi Wisata di Ciamis




Keindahan alam menjadi berkah tersendiri bagi Kab. Ciamis. Walaupun sebelumnya nama Ciamis lebih dikenal dengan Pantai Pangandaran, namun setelah pemekaran, Ciamis harus mengembangkan tempat-tempat wisata baru. Beberapa bulan belakangan ini, ada satu tempat wisata di Ciamis yang mulai terangkat terutama di kalangan pengguna media sosial.

Adalah tempat wisata alami berupa sumber air panas di wilayah Dusun Nanggewer, Desa Jelat, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Tak seperti Ciater di Subang atau Ciwalini di Ciwidey, sumber air panas ini bukan dari gunung berapi. Sumber air panas ini terletak di Sungai Ciharus. Bila Anda berkunjung ke tempat ini, sensasi kesejukan dan keindahan alam bisa langsung dirasakan. Lumayan buat niis dulu dari ingar bingarnya kesibukan di kota. Mungkin juga bagi Anda warga Ciamis yang ngumbara dan nanti Lebaran mudik, bisa berkunjung ke tempat wisata ini.

Lokasi sumber air panas terletak di lahan milik Pemerintah Desa sehingga dalam pengelolaannya nanti tidak akan berbenturan dengan pihak ketiga. Sumber air panas ini sebenarnya sudah lama ditemukan oleh warga dan tak sedikit wisatawan luar Ciamis yang penasaran menyambangi tempat ini. Memang, tempat wisata ini masih perlu dikembangkan untuk dijadikan sebagai salah satu tempat wisata. Dan itu memerlukan dana tak sedikit, terutama dari sisi infrastruktur.

Pihak Desa Jelat sendiri menungkapkan, sumber air panas itersebut akan dijadikan prioritas pembangunan desa dan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Untuk itulah, sumber air panas di Desa Jelar ini menuggu para investor atau pihak yang tertarik untuk mengembangkan wisata yang sangat potensial ini. Ya, untuk menjadi destinasi wisata yang nyaman, diperlukan akses jalan juga fasilitas-fasilitas penunjang lain, seperti loket karcis, parkiran, toilet, tempat berendam, dan lainnya yang bikin calon tempat wisata unggulan ini bisa lebih hidup.

Bahkan mungkin juga disajikan spot-spot selfie yang instagramable. Maklum saja di era kekinian, datang ke tempat wisata bukan hanya menikmati lokasi tapi juga mendokumentasikan lokasi wisata oleh para pengunjung yang notabene biasanya punya akun medsos.