Wisata Jabar

Hari Jadi ke-104, Kota Sukabumi Gelar Helaran Seni Budaya Jawa Barat




Pada Kamis, 29 Maret 2018, Kota Sukabumi bakal menggelar event akbar berupa helaran seni budaya Jawa Barat dalam rangka HUT ke-104 Kota Sukabumi. Hari jadi Kota Sukabumi sendiri jatuh pada 1 April. Helaran ini melibatkan 18 kabupaten/kota di Jawa Barat. Juga, tujuh kecamatan di Kota Sukabumi bakal memeriahkan event ini.

Nantinya, dalam pawai setiap kontingen akan menyuguhkan kesenian tradisional yang atraktif. Event ini merupakan agenda tahunan. Adapun peserta akan dinilai dari kriteria kreativitas, penampilan, lokalitas, artistik, keutuhan, bentuk serta totalitas.

Helaran budaya ini akan menampalkan ragam rupa keunikan seni dan budaya daerah di Jawa Barat. Pelaksanaan helaran mengambil rute start dari Lapang Merdeka - Jln. Perintis Kemerdekaan - Jln. RE Martadinata - Jln. Siliwangi - Jln. R Samasudin - dan finsih di depan Balai Kota Sukabumi.

Akan ada banyak penampilan dalam gelar acara helaran tersebut, seperti ada angklung dari Sumedang, Singo Barong dari Kab. Pangandaran, penampilan bebegig dari Garut, ngala belut dari Cianjur, penampilan tari-tarian dan promosi pariwisata dari Kab. Sukabumi. Sementara dari 7 kecamatan se-Kota Sukabumi akan menampilkan keunikan kecamatan masing -masing seperti penampilan Tari Mochi, Boles, Nagotong Lisung, Pencak Silat, Ngageulis, Perkumpulan Seni Cibeureum, dan lain lainnya. acara helaran ini akan digelar mulai pukul 08.00 WIB.

Kota yang dijuluki sebagai Kota Moci, Kota Santri dan Kota Polisi ini memiliki suasana yang sejuk dan asri karena dikelilingi oleh beberapa gunung diantaranya Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Kota Sukabumi merupakan kota dengan wilayah adminitratif terkecil di Jawa Barat dimana hanya memliki luas 48.42 km2. Terdiri dari 7 kecamatan dan 33 kelurahan dengan Populasi Total sekitar 321,097 jiwa (data BPS Kota Sukabumi tahun 2016).