Wisata Jabar

Gua Garunggung, Destinasi Wisata Adventure di Bogor




Wisata jelajah alam jadi tren kekinian. Dengan wisata di alam terbuka, para wisatawan bisa menikmati rekreasi yang antimainstream, apalagi jika tempat wisata yang terbilang masih belum banyak dijamah manusia. Sementara itu, wisata alam pun menjadi sarana rekreasi edukasi bagi ank-anak.

Bagi Anda warga Jakarta dan sekitaran, wisata alam di kawasan Gunung Pancar ini bisa jadi pilihan untuk menikmati wisata petualangan. Nama Gua Garunggang di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, kini sedang ngehits di kalangan wisatawan terutama yang senang adventure di alam terbuka. Gua Agung Garunggang merupakan kawasan dengan area kurang lebih seluas 6.000 sd 7.000 m2 dan merupakan kawasan geopark atau warisan geologi yang sangat unik. Sebagai pembanding, kawasan ini lebih mirip dengan latar alam di film Jurassic Park.

Tempat wisata ini cocok buat wisata panjat tebing. Sementara bagi anak-anak, kegiatan di sini harap didampingi orangtua atau pemandu olahraga panjat tebing. Selain itu, bisa juga bersenang-senang mandi di sungai yang dialirkan membelah hamparan batuan. Jelajah alam Gua Garunggang memang menyajikan petualangan yang asyik. Di area Gua Garunggang, pengunjung bisa berkemah atau melakukan penelusuran gua dipandu warga yang mengelola tempat tersebut.

Di sini pun ada tempat-tempat wisata alam lainnya yang tak kalah seru buat disambangi diantaranya Leuwi Hejo, Leuwi Lieuk, Curug Baliung, dan beberapa curug lagi yang sangat indah. Kawasan leuwi tersebut adalah wisata sungai dan hutan yang tiap hari terutama liburan dan akhir pekan selalu ramai pengunjung.

Sementara untuk akses ke Goa Garunggung, arah ke Gunung Pancar di kawasan Sentul naik ke atas lagi sekitar 3 kilometer menuju Curug Leuwi Asih. Dari Gerbang Tol Sentul City, jaraknya hanya 14 kilometer. Kendaraan bermotor bisa diparkir di kawasan Curug Leuwi Asih, lalu dilanjutkan trekking sejauh 3 kilometer melewati jalan setapak di kampung, kebun dan hutan pinus.

Adapun jika menggunakan sepeda motor, bisa memangkas waktu tempuh trekking jadi 1,5 kilometer dari titik terakhir sepeda motor bisa masuk. Untuk ke lokasi, medannya pendek dan tidak terlalu menanjak. Di kawasan ini pun ada warung-warung makanan dan minuman.

Goa Agung Garunggang
Jln. Ptp Terusan, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor,