Wisata Jabar

Arabi Turki Travel Agency Minati Kerjasama Promosi Wisata Indonesia




Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah, Mohamad Hery Saripudin menerima wakil pimpinan dewan Arabi Turki Travel Agency, Esmail Abdulsalam Abotaleb di ruang kerjanya pada Selasa, 13 Maret 2018.

Kehadiran perwakilan promosi pariwisata Turki di Jeddah Arab Saudi ini adalah dalam rangka menindaklanjuti pertemuan pada kegiatan Sales Mission yang diselenggarakan 3 Maret 2018 di Jeddah oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI bekerja sama dengan Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah.

Setelah menyimak pemaparan seputar potensi dan pertumbuhan pariwisata Indonesia pada Sales Mission silam, Esmail terpikat untuk menjajaki kerja sama bidang promosi pariwisata Indonesia di Jeddah dan kemungkinan mendirikan kantor pemasaran produk pariwisata Indonesia di Arab Saudi.

Menanggapi hal tersebut, Konjen meminta Esmail untuk menyampaikan profil perusahaan kepada KJRI Jeddah untuk dikirimkan kepada Kemenpar di Jakarta yang saat ini tengah mencari mitra dalam melebarkan jaringan pemasarannya di Arab Saudi.

Konjen yang kala itu didampingi oleh Pelaksana Fungsi Ekonomi-2 Agus Muktamar, juga menjelaskan peluang bisnis yang bisa dijajaki di Indonesia, seperti ekspor produk-produk Indonesia terutama produk makanan ke Arab Saudi yang kini volumenya terus meningkat.

"Saat ini di wilayah kerja KJRI Jeddah terdapat sekitar 400 ribu WNI, ditambah jemaah umroh dan haji yang mencapai sekitar 1,2 juta. Jelas ini potensi pasar tersendiri bagi produk-produk Indonesia di sini," ungkap Konjen kepada Esmail.

Perusahaannya selama ini, terang Ismail, telah memasarkan produk arang dari Indonesia ke Turki, Maroko dan Tunis. Namun demikian, dia ingin mengambil (membeli) langsung dari produsennya jika nanti terjadi kontrak pembelian dalam jumlah besar.

Di sisi lain, Esmail juga menawarkan kerja sama promosi pariwisata di Arab Saudi untuk masyarakat Indonesia yang berkunjung ke Arab Saudi, seperti Madain Saleh, kawasan sejuk dan pertanian seperti Thaif dan Museum Al-Taybah di Jeddah.

Untuk itu, dia menawarkan kesempatan kepada Konjen dan tim dari KJRI Jeddah untuk mengunjungi Museum At-Thayyibah di Jeddah, sebuah museum yang menampilkan sejarah tradisi dan budaya Saudi di masa lalu.