Wisata Jabar

Sampurasun, Aplikasi Info Wisata Purwakarta di Android





Kelemahan promosi beberapa daerah di Jawa Barat salah satunya adalah kurang terintegrasinya info tempat wisata dengan teknologi digital. Paduan gadget dan internet di era kekinian seharusnya menuntut pihak daerah setempat untuk lebih lincah mengoptimalkan jaringan aplikasi, media sosial, website, maupun blog. Maklum saja, perkembangan pencarian informasi di internet oleh masyarakat semakin hari kian jadi kebutuhan utama.

Maka, bila daerah hanya mengandalkan promosi wisata melalui brosur, spanduk, atau cara konvensional lainnya ibarat jalan kura-kura alias lambat sekali. Sebaliknya, pihak daerah, baik itu dinas pariwisata, masyarakat, maupun pengelola wisata yang jeli melihat peluang promosi di media internet maka akan merasakan efeknya terhadap kunjungan wisatawan. Oleh sebab itu, pihak daerah jangan kuuleun atau kurung batokkeun terhadap potensi promosi wisata melalui jejaring media digital ini.

Salah satu contoh promosi sektor wistaa seperti yang dilakukan oleh pihak Pemkab Purwakarta yang menghadirkan aplikasi Sampurasun di Google Play. Aplikasi seputar pariwisata di Purwakarta ini untuk memanjakan wisatawan. Semua fitur wisata, event, kuliner, hingga akses transportasi di Purwakarta hadir di aplikasi Google ini.

Aplikasi Sampurasun Pariwisata akan menjadi pedoman bagi wisatawan untuk memilih dan memastikan destinasi wisata mana yang akan dikunjung di Purwakarta. Fitur mengenai pariwisata Purwakarta destinasi wisata, kuliner, hotel, event, komunitas, tempat ibadah, hingga rute angkot, semuanya akan terakses dengan mudah.

Dengan aplikasi Sampurasun Pariwisata, wisatawan tidak akan kesulitan untuk mendapatkan berbagai fasilitas. Contohnya, wisatawan hanya perlu mengeklik fitur wisata untuk mengetahui berbagai destinasi cantik. Di situ juga terdapat berita menarik seputar Purwakarta dan keunikannya.  Begitu pula wisatawan yang penasaran dengan kuliner, bisa memilih fitur kuliner. Di sana terpampang beraneka jenis makanan yang khas dan dijamin enak. WWisatawan pun tidak perlu bingung mencari penginapan atau hotel yang sesuai. Termasuk, tempat ibadah seperti masjid, gereja, dan wihara, yang dekat dengan lokasi wisatawan.

Sementara untuk info seputar akses transportasi ke tempat-tempat wisata di Purwakarta, wisatawan bisa mengeklik fitur angkot untuk mengetahui rute angkutan kota. Namun ada juga fitur tukang ojek pariwisata (TOP) jika ingin diantar ke destinasi-destinasi di Purwakarta.