Wisata Jabar

Cara Sewa dan Lokasi Shelter Sepeda Wisata Boseh di Bandung



Urusan kemacetan lalu lintas di Kota Bandung memang menjadi masalah tersendiri. Selain sudah banyaknya jumlah kendaraan lokal, para wisatawan dari luar kota yang melancong ke Bandung pun sebagian besar membawa mobil pribadi. Tak heran bila di tempat-tempat wisata pun kerap dilanda kemacetan. Salah satunya di kawasan pusat kota Bandung. Pemkot Bandung pun menghadirkan solusi dengan menghadirkan layanan transportasi wisata yakni bus Bandros dan sepeda Boseh.

Pada Selasa, 13 Februari 2018, Pemkot Bandung meresmikan layanan bus Bandros terbaru dan layanan sepeda wisata Bike On The Street Everybody Happy (Boseh). Khusus peresmian Boseh sendiri dilakukan setelah enam bulan diuji coba. Layanan sewa sepeda wisata Boseh kini sudah bisa dimanfaatkan oleh wisatawan yang akan keliling pusat Kota Bandung dengan terlebih dahulu membeli smart card dari sejumlah bank di shelter Boseh.

Pada 2018 ini dan tahun depan secara bertahap akan dianggarkan untuk pembelian unit sepeda dan Bandros. Target 2019 akan ada sekitar seribu sepeda dan 36 Bandros yang melayani wisata Bandung. Bagi Anda yang berkunjung ke Bandung dan ingin berwisata di beberapa ikon wisata Kota Bandung, silakan bisa menjajal layanan sepeda wisata Bandung Boseh.

Bagaimana caranya untuk bisa menikmati layanan transportasi bebas polusi ini? Berikut ini informasinya:

1. Tersedia 350 unit sepeda Boseh
Untuk saat ini baru terdapat 350 unit Boseh dengan tipe city bike multy speed.

2. Harga sewa sepeda wisata Boseh
Warga yang akan menyewa Boseh akan dikenakan biaya sewa Rp 4.000/jam. Fasilitas Boseh sudah dapat diakses dengan menggunakan kartu BRIZZI.

3. Lokasi registrasi dan shelter sepeda wisata Boseh
Bagi warga yang akan menyewa Boseh harus meregistrasi dan memiliki smart card yang berada di empat titik yakni:
a. Taman Cibeunying
b. Graha Pos
c. Alun-alun Bandung
d..Masjid Cipaganti

Jangan lupa bawa kartu identitas pribadi Anda. Setelah melakukan registrasi, pengguna bisa menikmati layanan Boseh di 30 shelter yang ada.

4. Jam operasional layanan sepeda wisata Boseh
Untuk layanan jam operasionalnya mulai pukul 8.00 s.d. 16.00 WIB. Para wisatawan dapat mempergunakan sepeda untuk berjalan-jalan dari satu titik ke titik lain. Sepeda yang disewakan tersebut dirancang dengan teknologi antimaling.

5. Cara menggunakan sepeda wisata Boseh
Berikut ini caranya:
a. Jika calon pengguna sudah memiliki member smart card dengan registrasi, bisa menggunakan sepeda di shelter yang tersedia di 30 titik di Kota Bandung.
b. Gunakan smart card pada terminal yang terdapat di shelter. Ikuti instruksi yang ada di layar supaya pengguna bisa mengambil sepeda yang ingin dipinjam.
c. Cara mengambil di terminal yaitu tempelkan smart card di layar terminal, kemudian masukan empat pin digit angka saat registrasi. Pilih angka satu untuk peminjaman sepeda dan masukan nomor docking yang tertera di belakang sepeda.
d, Di bagian docking tekan tombol pada docking yang menyala dan lepas setelah kunci sepeda terdengar bunyi klik dan sepeda siap digunakan.
e. Jika sudah selesai masukan ujung sepeda (hook) ke docking dan pastikan sepeda terkunci dan tidak bsa ditarik kembali.
f. Setelah itu tempelkan smartcard ke terminal dan pilih tombol dua untuk mengembalikan sepeda, tunggu respons, kartu jangan dilepas.
g. Jika pengembalian berhasil, saldo akan terpotong sesuai tarif yang dikenakan dan tarik kembali kartu jika sudah selesai.