Rute dan Tarif Bus Bandros Bandung Terbaru




Sebagai kota tujuan wisata, Kota Bandung mempunyai satu layanan transportasi yang jadi primadona pelancong. Rasanya belum wisata ke Bandung kalau belum naik Bandung Tour on Bus atau lebih dikenal dengan sebutan Bus Bandros. Di awal tahun ini, Pemkot Bandung telah menghadirkan 12 unit Bandung Tour on Bus (Bandros).

Layanan barua dengan lima rute ini dijadwalkan akan beroperasi penuh pada Februari 2018. Peluncuran Bandros versi pasukan "Power Rangers" alias warna-warni ini telah digelar di area Taman Balai Kota Bandung Jln. Wastukencana yang juga dikenal shelter busa wisata ini. Launching tersebut dilakukan langsung oleh Wali Kota Ridwan Kamil dan Wakil Wali Kota Oded M Danial pada Jumat, 19 Januari 2018.

12 bus Bandros baru ini nantinya akan disediakan bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung dengan melalui rute destinasi wisata dalam kota. Bahkan, jumlah bus Bandros akan ditambah jika kebutuhannya memang diperlukan. Memang untuk saat ini, masih ada kemungkinan pengembangan-pengembangan dan perubahan terkait latan bus wisata ini.

Adapun untuk pengelolaan, seluruh unit Bandros sementara dikelola oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung. Sebab operasional Bandros kini sudah sama dengan Bus Trans Metro Bandung (TMB) yang memiliki pelat kuning. Nantinya, pihak Dishub Kota Bandung akan melakukan lelang untuk menentukan pengelola Bandros sehingga Bandros bisa dimanfaatkan dan dikelola secara lebih profesional.

Harga tiket dan rute terbaru bus Bandros Bandung
Pada Selasa, 13 Februari 2018, telah digelar peluncuran layanan lima koridor bus Bandros. Bus Bandros berkapasitas 16 penumpang ini akan beroperasi mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB setiap harinya. Terdapat dua jenis layanan, tiket Rp 20.000 untuk sekali perjalanan, dan tarif Rp 40.000 untuk perjalanan seharian lintas rute (multiple trip/one day pass).

Sementara untuk tiket Bandros bisa dibeli langsung di atas bus Bandros. Namun, keberangkatan hanya tersedia di halte utama dan penghubung: Gasibu, Balai Kota Bandung, Alun-Alun Bandung, Teras Cikapundung, M Square Cibaduyut, Cihampelas Walk (Ciwalk), Alun-Alun Cicendo, Taman Cibeunying, Kampus Universitas Pendidikan Indonesa (UPI) Bandung, Alun-Alun Ujungberung, GOR Arcamanik, Forest Walk Babakan Siliwangi, China Town, Alun-Alun Regol (Pasirluyu).

Rute bus Bandros yang melayani lima koridor ini masing-masing dilayani dua bus, sehingga total menggunakan 10 bus dari 12 Bandros baru hasil pengadaan dari APBD. Untuk dua bus baru dikhususkan bagi perjalanan VIP. Adapun Bandros sistem sewa masih mengandalkan enam bus lama hasil bantuan perusahaan (CSR).

Dari hasil uji rute sebelumnya, waktu tempuh dalam satu perjalanan per koridor juga telah dihitung. Jika wisata bus Bandros dijalankan selama 8 jam, diperkirakan akan ada empat perjalanan per hari.

----------
Informasi Lainnya Seputar Layanan Bus di Jawa Barat LIHAT DI SINI

----------

Baca info wisatajabar.com lainnya di GOOGLE NEWS