Wisata Jabar

Jembatan Gantung Situ Gunung, Uji Adrenalin dan Spot Selfie Kekinian di Sukabumi





Bila Anda ingin menjajal wisata yang menantang adrenalin inilah spot yang cocok.  Tempat wisata ekstrem ini dipastikan bakal jadi destinasi wisata favorit baru di Sukabumi dan bikin wisatawan penasaran. Walau sampai awal tahun 2018 belum diresmikan, namun tempat wisata ini sudah ramai pengunjung dan rencananya tak berapa lama lagi akan diresmikan. Namun, info akan hadirnya wisata jembatan panjang dan ekstrem di kawasan hutan ini sudah ramai dan menjadi viral di media sosial.

Petugas gabungan dari unsur Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Makodim 0607, dan Mapolres Sukabumi Kota masih melarang para wisatawan melintasi jembatan tersebut. Selain  masih belum diresmikan penggunaannnya, larangan dikeluarkan, karena keberadaan jembatan tersebut masih belum rampung pengerjaannya.

Terletak di kawasan Situ Gunung, Kec. Kadudampit, Kab. Sukabumi, ada wisata uji adrenalin yakni dengan melintasi jembatan gantung sangat panjang yang membentang di area yang masuk ke kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Pesona keindahan wisata alam Situ Gunung
Situ Gunung sendiri sebenarnya adalah nama dari sebuah danau yang berada di dataran tinggi di Sukabumi. Danau di Sukabumi ini berada pada ketinggian sekitar 850 mdpl terletak di kaki gunung Gede Pangrango. Kawasan wisata alam ini pun dikenal sebagai tempat camping dan kegiatan wisata alam lainnya.

Selain berkemah, pengunjung juga bisa mengelilingi danau dengan menggunakan sampan. Juga bisa melakukan aktivitas bersepeda, memancing, sampai permainan high rope, flying fox, dan river tubing. Di dekat danau Situ Gunung ini ada dua air terjun yaitu Curug Cimanaracun dan Curug Sawer.

Jembatan gantung wisata itu menghubungkan area air terjun Curug Sawer dengan Situ Gunung. Lokasi jembatan dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 4 kilometer dari pintu utama.
Jembatan gantung ini memiliki panjang kurang lebih 200 meter, ketinggian 100 meter dan lebar 2 meter. Tentunya sangat cocok untuk para wisatawan yang senang foto selfie. Jembatan gantung melintas perbukitan dengan hamparan pepohonan di bawahnya.

Adapun dana pembangunan jembatan ini menggunakan dana dari investor. Dengan hadirnya jembatan gantung wisata ini, jumlah wisatawan ke objek wisata Situ Gunung TNGGP dan objek wisata Cinumpang milik Pemkab Sukabumi akan terus meningkat.

Bila pun sudah benar-benar rampung dan diresmikan, tentunya unsur safety sangat diperhatikan untuk kenyamanan dan keamanan pengunjung. Dalam hal ini termasuk pengaturan berapa jumlah maksimal pengunjung yang bisa melintasi jembatan tersebut. Juga waktu dan kondisi cuaca yang tepat untuk melintasi jembatan tersebut.

Untuk lainnya, kesiapan petugas pemantau harus ekstra maksimal mengawasi keamanan dan keselamatan pengunjung. Jangan sampai ada pengunjung yang punya riwayat penyakit jantung atau epilepsi, misalnya, hendaknya jangan memaksakan diri untuk menjajal jembatan yang diusulkan masuk MURI ini.

Rute dan akses ke Situ Gunung
Untuk bisa sampai di Situ Gunung Sukabumi, bisa naik angkutan umum maupun kereta api. Ambil jalur dengan rute Bogor Paledang – Sukabumi – Cianjur, dan berhenti di Stasiun Cisaat Sukabumi. Tak jauh dari stasiun kereta api, naik angkutan umum langsung ke Situ Gunung. Atau dari Polsek Cisaat. tinggal belok ke arah kiri jalan kemudian melanjutkan perjalanan sejauh 10 kilometer lagi untuk sampai di pintu masuk Taman Nasional.