Inilah Jalur Baru yang Lebih Memudahkan Akses ke Geopark Ciletuh




Dalam video pendek yang diunggah di akun instagram @jabarprovgoid, pada awal tahun 2018 Pemprov Jawa Barat telah membangun akses jalan tercepat menuju Geopark Ciletuh. Jalan baru sepanjang 33 Kilometer ini membentang mulai dari Loji di kawasan Palabuhan Ratu hingga ke Pantai Palangpang (Puncak Darma) yang berada di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas yang merupakan pusat keberadaan Geopark Ciletuh. Jalan baru ini bagian dari Sabuk Geopark Ciletuh-Palabuhan Ratu.

Sabuk Geopark sendiri membentang dari Cibareno melewati arah Palabuhan Ratu kemudian masuk ke Loji lalu ke kawasan kehutanan sampai ke Puncak Darma turun ke Palangpang sampai terus menyusuri pantai hingga ke Ujung Genteng. Bila menggunakan jalur lama, jarak yang ditempuh sekitar 71 km, artinya waktu setengah perjalanan bisa dipangkas.

Pengerjaan jalan menuju Puncak Darma bisa melalui tiga jalur, yaitu Paluran-Puncak Darma, Loji-Puncak Darma, dan Paltiga-Puncak Darma. Rencananya jalur Paltiga-Puncak Darma sepanjang kurang lebih 17 km akan mulai dibangun tahun depan. Sedangkan  Loji-Palangpang-Ujung Genteng akan dijadikan kawasan wisata. Bukan kawasan umum, sehingga bus besar dan truk tidak boleh masuk atau menggunakan jalan tersebut.

Pembangunan jalan tersebut menelan biaya Rp200 Milyar diklaim bisa menghemat waktu hingga 2,5 jam. Bila melalui jalur lama, biasanya wisatawan yang akan ke Geopark Ciletuh melalui Palabuhan Ratu harus menempuh waktu selama 3 jam. Jalan sepanjang 23 km ini menghubungkan Loji dengan Puncak Darma.

Sepanjang jalur baru ini wisatawan bisa menikmati keindahan taman bumi berusia jutaan tahun yang sebentar lagi akan diputuskan menjadi UNESCO Global Geopark. Sebab jalan baru ini akan berada di sepanjang bibir pantai. Selama menempuh jalur ini, wisatawan bisa menikmati geopark itu mulai dari Loji di kawasan Palabuhan Ratu sampai Palangpang.

Di jalan baru ini pun akan dibangun destinasi-destinasi baru di titik tertentu untuk para wisatawan yang akan berfoto. Selain membuat jalan baru, di tahun 2017 kemainPemprov Jabar juga membuat pintu gerbang masuk Geopark Ciletuh di ujung jembatan Bagbagan, Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan. Juga akan dibangun Information Tourism Center, beberapa plaza di kawasan Tamanjaya dan Puncak Dharma.

----------

Baca info wisatajabar.com lainnya di GOOGLE NEWS