Wisata Jabar

Cap Go Meh Bogor Street Fest Bakal Digelar 2 Maret 2018



Cap Go Meh  digelar setiap hari ke-15 atau dua minggu setelah perayaan Imlek. Biasanya Cap Go Meh turut dihadirkan sebagai rangkaian dari perayaan kemeriahan tahun baru Imlek. Cap Go Meh pertama kali dirayakan di tanah China pada zaman Dinasti Han sekitar 2000 tahun yang lalu. Sejak Abad ke-18, Cap Go Meh mulai dirayakan di Indonesia ketika etnis Tionghoa masuk ke Indonesia. Hingga saat ini, perayaan Cap Go Meh menjadi tradisi akulturasi di Indonesia.

Pesta Rakyat Cap Go Meh (CGM) 2018 kembali digelar pada Jumat, 2 Maret 2018 di Bogor. Puncak pesta perayaan Imlek ini akan dimeriahkan berbagai bentuk kesenian dan budaya. CGM tahun ini akan mengambil tema 'Ajang Budaya Pemersatu Bangsa' dengan menampilkan berbagai bentuk kesenian dan budaya yang unik dan atraktif dari seluruh Indonesia.

Perayaan Pesta Rakyat CGM nantinya akan dilaksanakan di sepanjang Jalan Suryakencana hingga Jln. Siliwangi, Kota Bogor. Di Bogor sendiri, vihara dimana Dewa Hok Tek dimuliakan, terletak di Jln. Suryakencana No. 1 (dahulu disebut Jl. Perniagaan), Bogor, yang berdekatan dengan lokasi perdagangan serta urat nadi ekonomi masyarakat Bogor. Vihara tersebut, yang sekarang bernama Vihara Dhanagun (Ho Tek Bio), menempati bangunan yang merupakan cagar budaya Nasional yang terletak di Kota Bogor dan merupakan aset Dinas Purbakala Kota Bogor.

Penampilan seni budaya Nusantara
Beberapa penampilan dari berbagai kota di Jawa Barat akan memeriahkan CGM 2018 di antaranya dari Purwakarta, Cianjur, dan Ciamis. Selain itu, bakal ada juga pagelaran seni budaya Nusantara yakni kesenian dari Kalimantan, Jawa Tengah, Madura, Sumatera Barat, dan Betawi. Event CGM 2018 akan digelar dari pukul 15.00 s.d. 24.00 WIB.

Seni helaran yang ditampilkan tidak hanya menjadi daya tarik bagi wisatawan dalam dan luar negeri, tetapi juga menggambarkan adanya persatuan nasional yang diperlihatkan dalam bentuk kekayaan budaya bangsa.  Diperkirakan puluhan ribu masyarakat akan memadati sepanjang Jalan Suryakencana, Kota Bogor, yang menjadi titik pusat perayaan pesta rakyat tersebut.

Gelaran budaya Cap Go Meh itu akan dibuka dengan doa dari enam pemuka agama yang secara berdampingan dan bergiliran memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa. Kekayaan flora dan fauna pun di Tatar Pakuan punakan menjadi ciri tersendiri dalam event ini.

SEKRETARIAT CAP GO MEH BOGOR
Kompleks Vihara Dhanagun Jl. Surya Kencana No.1 Babakan Pasar, Bogor Tengah, Kota Bogor,
E-mail: sekretariat@capgomehbogor.com