Wisata Jabar

Sail Sabang 2017 Hadirkan Lebih Banyak Yacht




Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan juga mengucapkan selamat dan terima kasih kepada seluruh pihak, yang membantu Sail Sabang 2017 ini. Terutama Menteri Pariwisata yang menjadi Ketua Harian di perhelatan Sail Sabang 2017 ini.

"Ini adalah buah hasil kerja Menteri Pariwisata Arief Yahya dan seluruh pihak terkait dalam mempersiapkan Sail Sabang 2017. Ini sail yang terbesar selama 9 sail yang pernah ada. Kami akan terus berjuang menjadikan pariwisata menjadi sektor lokomotif perekonomian bangsa," ujar Luhut dalam sambutannya.

Dari Sail kali ini juga punya tiga hal penting. Yakni ada SaPhuLa, regatta atau yachts race Sabang Phuket Langkawi, lalu intetnational free dive competitions, dan pengembangan perikanan laut. Sail ini juga berbeda dengann sail yang pernah ada, lebih menajamkan pariwisata, yakni lebih banyak menampilkan yachts atau perahu pesiar dari banyak negara.

Yacht kali ini sebenarnya lebih dari 100 yachts yang berencana ikut Sail Sabang 2017. Tetapi, karena cuaca dalam tiga hari terakhir sedang tidak bersahabat, maka terpaksa mereka membatalkan dengan alasan safety.

Luhut memaparkan bahwa pihaknya akan berusaha terus mendorong pariwisata untuk bisa merealisasikan targetnya yakni 20 juta wisatawan mancanegara di tahun 2019, mendatang.

"Saat ini pariwisata nomor empat sebagai penghasil devisa negara, namun kedepan kami akan berusaha mendorong dan harus menjadi nomer satu penghasil devisa dengan 20 Miliar Dollar," kata Luhut yang juga memuji tarian kolosal Laksamana Malahayati yang memukau peserta yang datang di acara puncak Sail Sabang 2017.

Menpar Arief Yahya sehari sebelumnya sudah berdiskusi dengan BMKG Aceh di Sabang. Sudah diperkirakan bahwa puncak Sail Sabang 2017 ini ada hujan.