Wisata Jabar

Promosi dan Selling Wonderful Indonesia Digelar di Tiga Kota di Tiongkok



Selama 2016 jumlah kunjungan wisman ke Indonesia mencapai 1.452.971 orang. Tahun berikutnya, dari Januari hingga September 2017 wisman Tiongkok berjumlah 1.604.615 orang. Potensi inilah yang menjadi bidikan Kemenpar untuk lebih mengoptimalkan jumlah kunjung wisatawan asing dari Tiongkok. Kementerian Pariwisata sendiri telah menetapkan target 5 juta turis Tiongkok, atau 25 persen dari target 20 juta wisatawan asing,

Pada akhir tahun ini, Kemenpar menggelar “Consumer Selling Hainan 2017” yang berlangsung pada 8 - 11 Desember 2017. Event promosi dan selling wisata Nusantara tersebut digelar di tiga kota, yakni Xiamen, Sanya, dan Fuzhou. Destinasi yang ditawarkan pun beragam. Semuanya indah dan kelas dunia. Jakarta, Bali, Manado, Yogyakarta, Pulau Seribu, Danau Toba, semuanya yang menjadi favorit wisatawan Tiongkok ditawarkan.

Promosi wisata di Xiamen dan Sanya
Kegiatan pertama berlangsung di Xiamen, tepatnya di Mall Jinmei Wanda Plaza pada 8 hingga 9 Desember lalu. Melibatkan lima seller yang merupakan agen rekanan Xiamen Air, berbagai paket wisata menarik ditawarkan.

Kelima seller tersebut adalah Xiamen Airlines International Travel Service, China International Travel Service, Xiamen C&D International Travel Service Group, Fujian Comfort International Travel Service, dan Xiamen Haizhilv International Travel Service.

Untuk aktivitas menarik kunjungan, juga diadakan  coffee corner,games corner,pertunjukan tari Jaipong, tari Bali, hingga menari bersama dengan lagu Maumere. Selanjutnya, kegiatan kedua dilangsungkan di Sanya pada 9 hingga 10 Desember. Berbeda dengan kegiatan di Xiamen, kali ini Kemenar menggandeng dua seller yang merupakan travel agent rekanan maskapai Sriwijaya Air.

Berbagai aktivitas seru juga dihadirkan guna menunjang promosi dan selling di kegiatan ini. Hasilnya, 500 pengunjung yang datang selama dua hari kegiatan, semuanya benar-benar terkesima. Mereka begitu terkesan dengan keindahan-keindahan yang diboyong oleh Kementerian Pariwisata.

Promosi wisata di Fuzhou
Sedangkan kegiatan tahap ketiga berlangsung di Fuzhou, Tiongkok pada 10 hingga 11 Desember 2017. Consumer selling di Fuzhou ini diikuti oleh empat seller yang juga terdiri dari travel agen rekanan Xiamen Air.

Kegiatan ini mengambil tempat di Mall Thaihot Plaza Wuxibei dengan mengambil lokasi di atrium lantai dasar. Kemenpar membawa Tim Wonderful Indonesia terdiri dari tiga penari dari sanggar Artina, Barista dari Koffie Major, Virtual Reality dari VR Indonesia.

Aktivitas hari pertama dan kedua diisi dengan penjualan paket wisata, pelayanan Informasi dan sajian snack khas Indonsia. Seperti Keripik Tempe, Dodol Garut, Kacang, Kue Lapis Surabaya dan Bika Ambon.

Selain itu juga ada coffee corner, games corner, pertunjukan tari Lenggang Kipas ( Betawi ), Naikonos Larik Dance (NTT), Cendrawasih Dance (Bali) dan Gending Sriwijaya ( Palembang ). Acara diakhiri dengan Door prizes untuk satu orang yaitu tiket pesawat Xiamen Airlines PP (Fuzhou-Bali) berikut akomodasi dan paket tour 3 hari 2 malam.

Selama dua hari kegiatan, sebanyak 800 orang tercatat hadir dengan jumlah transaksi Rp 5.057.760.000 dan potensi wisman 490 orang. Deputi Bidang Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana mengatakan, pasar Tiongkok merupakan pasar yang penting bagi pariwisata Indonesia. Saat ini kunjungan wisatawan mancanegara dari Tiongkok merupakan pasar utama untuk jumlah kunjungan ke Indonesia.