Wisata Jabar

Optimalkan Potensi Wisata, Garut Gelar Pembekalan bagi Aparatur Daerah




Potensi wisata Jawa Barat tersebar di berbagai daerah dengan keunikan masing-masing. Tak terkecuali Kab. Garut yang punya potensi wisata alam hingga kuliner. Untuk lebih meningkatkan promosi potensi wisata Garut, diperlukan peningkatan kualitas SDM Aparatur Daerah, serta pengenalan dan pemahaman tentang ruang lingkup pembangunan pariwisata. Hal tersebut penting sekali bagi aparat daerah yang akan mengemban tugas melaksanakan kebijakan pemerintah pusat dan daerah di bidang pariwisat

Untuk menuju tujuan tersebut, Kementerian Pariwisata menyelenggarakan kegiatan Pembekalan Kepariwisataan Aparatur Daerah Provinsi Jawa Barat (Garut) dalam rangka meningkatkan kualitas SDM Aparatur Daerah di bidang kepariwisataan, di Fave Hotel, Garut, Senin (4/2/2017).

Kegiatan dibuka oleh Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata, Prof. Dr. Ahman Sya, dihadiri Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Ferdiansyah, SE,MM dan Bupati Garut, H. Rudi Gunawan, serta diikuti oleh 200 Aparatur Daerah Jawa Barat.

Pariwisata sektor prioritas pembangunan nasional
Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan menyatakan bahwa Pemerintahan Presiden Joko Widodo telah menetapkan pariwisata sebagai salah satu sektor prioritas dalam pembangunan nasional, untuk itu perlu dukungan seluruh masyarakat, khususnya aparatur daerah yang berada di destinasi pariwisata.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Ferdiansyah, SE, MM menyambut baik kegiatan ini dan mengapresiasi Pemda Garut yang berkomitmen menjadikan sektor pariwisata sebagai penyumbang PAD dalam rangka memeratakan kesejahteraan masyarakatnya.

"Garut yang memiliki beragam objek wisata dari unsur alam, budaya dan industri kreatif serta di kawasan destinasi branding Bandung perlu didorong untuk menciptakan ruang-ruang kreatif bagi publik sehingga dapat menarik kunjungan wisatawan asing dan domestik" ungkap Ferdiansyah.

Lebih lanjut Ferdiansyah meminta Kepala Daerah bersama dengan pemangku kepentingan harus terus berinovasi dan memperbanyak kalender event untuk dipromosikan melalui media sosial. "Garut itu sangat berpotensi karena paling dekat dengan salah satu pintu masuk wisatawan mancanegara, Great Jakarta,” tegasnya.

Konsep unsur pentahelix pariwisata
Narasumber pembekalan tidak hanya berasal dari Kemenpar saja, praktisi kepariwisataan, I Gusti Putu Laksaguna dan Kapolres Garut, AKBP Novri Turangga juga ikut mengisi materi pembekalan, ini menunjukan pentingnya sinergi berbagai pihak dalam memajukan pariwisata.

Hal ini sesuai dengan konsep unsur pentahelix pariwisata (akademisi, pelaku bisnis, komunitas, pemerintah, dan media) yang diusung Menteri Pariwisata, Arief Yahya,sebagai wujud kekuatan sinergisitas pariwisata nasional dalam mendukung percepatan pembangunan kepariwisataan untuk mencapai target 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan 275 juta pergerakan wisatawan nusantaran (wisnus) pada 2019 mendatang.

Aparatur Daerah yang berkualitas dan paham mengenai kepariwisataan diharapkan berkontribusi mensukseskan program-program prioritas dan strategi pengembangan kepariwisataan yang dicanangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Biro Hukum dan Komunikasi Publik)