Wisata Jabar

Lokasi, Rute, Harga Tiket Masuk, Fasilitas, dan Kontak Chinatown Bandung



Chinatown Bandung

Berada di pusat kota Bandung dengan area yang tidak terlalu luas, Chinatown Bandung hadir menjadi salah satu spot wisata selfie dan kuliner. Menyambangi tempat ini, pengunjung bisa merasakan suasana Tiongkok yang sangat instragamable buat foto-foto. Banyak spot menarik di lokasi yang menjadi background berfoto para pengunjung. Jadi, yang hobi motret dan punya kamera spek lumayan, saat berkunjung ke Bandung jangan lewatkan buat berfoto di tempat ini.

Chinatown Bandung beralamat di Jln. Kelenteng no. 41 Bandung. Akses ke Chinatown sendiri tidak terlalu sulit. Bisa dari arah Alun-Alun Bandung melewati Jln. Jenderal Sudirman ke arah barat. Lalu, belok ke arah Jln. Kelenteng. Bisa juga dari arah Jln. Oto Iskandardinata/Astana Anyar lewat Jln. Cibadak terus ke arah Jln. Kelenteng.

Chinatown Bandung pun mudah dijangkau dari Stasiun Bandung. Lokasi Chinatown tak jauh dari pertigaan Jln. Kelenteng dan Jln. Kebon Jati. Hanya, untuk tempat parkir memang agak terbatas, apalagi jika mengunakan bus besar. Para tukang parkir yang standby di sana biasa mengatur parkiran mobil dan motor di bahu jalan.

Tiket masuk Chinatown Bandung
Masuk ke halaman Chinatown, pengunjung langsung membeli tiket masuk dengan harga Rp10.000 untuk hari Senin - Kamis dan Rp20.000 untuk hari Jumat - Minggu. Pengunjung pun mendapatkan souvenir. Tiket masuk lalu disobek di pintu masuk yang ada di sebelah kanan. Dari arah masuk inilah pengunjung bisa melihat Chinatown Bandug dengan aneka spot menarik untuk dijadikan background berfoto.

Di sebelah kiri pintu masuk, ada museum mini yang menggambarkan sejarah pecinan di Kota Bandung. Juga ada pajangan benda-benda antik. Di ruangan ini pula ada prasasti peresmian Chinatown Bandung yang ditandatangani oleh Wali Kota Ridwan Kamil pada 20 Agustus 2017 lalu. Di ruangan museum mini ini pula tak sedikit pengunjung yang berfoto-foto.

Keluar dari museum, pengunjung bisa menjelajah satu-satu spot yang ada di area ini. Pengunjung bisa belanja barang-barang antik dan souvenir atau menikmati aneka kuliner. Untuk pembayaran, dari awal masuk, petugas mengingatkan bahwa di sini tidak ada transaksi tunai. Untuk transaksi menggunakan kartu BCA Flazz, BCA debit, atau BCA kredit (transaksi kartu kredit minimal Rp100.000). Di sini pun ada booth khusus penjualan kartu BCA dan tersedia ATM untuk isi ulang kartu Flazz.

Spot selfie dan sewa kostum
Bagi yang hobi berselfie ria, bisa memilih berfoto di area sebelah kiri dengan background mural berupa gambar jadoel. Atau spot yang jadi favorit yakni di jembatan merah. Buat anak-anak yang ingin bermain, ada play ground di belakang dengan tiket masuk Rp35.000 untuk bermain sepuasnya. Adapun yang ingin berfoto dengan kostum khusus, bisa menyewa di booth khusus dan berfoto di ruangan khusus pula.

Adapun untuk kuliner tersedia aneka makanan favorit wisatawan di Bandung. Untuk makanan, tenang semua di sini dijamin kehalalannya. Fasilitas lainnya juga ada musala di area paling belakang sebelah kiri tempat bermain anak. Untuk toilet ada di sebelah kanan taman bermain tersebut. Sedangkan bagi yang ingin keluar dari sini, pintu keluar ada di sebelah kiri.

Selesai kunjungan ke Chinatown, Anda bisa wisata belanja ke Pasar Baru atau Pasar Andir yang tak jauh dari sini. Chinatown Bandung pun sangat pas bila ingin menikmati suasana malam pusat kota Bandung. Hiasan lampu-lampu lampion yang bergelantungan di atas menjadi ciri khas di sini. Bila pulang malam dari sini, bisa juga sekalian menjajal kuliner di Jalan Cibadak atau di sepanjang Jalan Kebon Jati.

Kontak Chinatown Bandung Telepon: (022) 6038114. Untuk jam buka Seni - Jumat pukul 11.00 - 22.00, Sabtu pukul 11.00 - 23.00 WIB, dan Minggu dari pukul 10.00 - 22.00 WIB. Info lainnya bisa dilihat di akun instagram @chinatownbandung.