Wisata Jabar

Inilah Spot Selfie Kekinian di Kawasan Wisata Bandung Utara





Kebiasaan berfoto di tempat wisata sudah ada sejak dulu. Bedanya jika dulu memotret dengan kamera dan hasilnya menunggu dicuci/diafdruk atau paling banter pake kamera Polaroid. Kini di zaman smartphone, hasil pemotretan tersebut bisa langsung dilihat, dicek kembali, disimpan sebagai koleksi, maupun langsung diunggah di medsos sebagai "bukti" bahwa kita pernah datang ke tempat tersebut. Wisata dan budaya swafoto alias selfie maupun foto bareng-bareng (wefie) memang tak dapat dipisahkan di era kekinian.

Tak dapat dimungkiri juga bahwa hadirnya media sosial dengan unggahan foto menjadi pendukung promosi suatu kawasan wisata. Tak terkecuali Bandung yang menjadi kota wisata. Bandung pun mendapat julukan baru yakni "Bandung Kota Selfie". Selalu saja ada spot-spot baru yang menggoda para pelancong untuk menyambangi tempat wisata dan melakukan selfie di sana. Apakah Anda pun termasuk yang hobi selfie saat berwisata ke Bandung?

Nah, biar gak ketinggal zaman, berikut ini beberapa tempat wisata di Bandung Utara yang biasa jadi favorit wisatawan untuk berselfie ria. Tempat wisata tersebut dari yang gratisan hingga berbayar. Semuanya dijamin bakal bikin kamu makin ngehits di medsos bila berfoto di tempat-tempat wisata berikut:

1. Wisata alam Dago Dream Park
Di tempat wisata Jln. Dago Giri ini, banyak spot selfie yang dibuat khusus oleh pengelolanya. Di awal Desember 2017, ada tempat selfie baru yakni Rumah Ballon kayak di film animasi Up. Lalu ada pula spot berfoto dengan gaya di: parasut, piring terbang UFO, sapu terbang, karpet Aladin, rumah miring, hingga sky lounge.

2. Kawasan Gedung Sate
Belum ke Bandung kalau belum berfoto di depan Gedung Sate. Gedung tempat dinas gubernur Jawa Barat ini memang sangat pas buat berfoto-foto. Maklum saja, ini merupakan landmark dan ikon Kota Bandung dan Jawa Barat. Selain di depan Gedung Sate, pelancong pun biasa berfoto di Lapangan Gasibu (seberang Gedung Sate), Taman Lansia (sebelah kiri Gedung Sate), Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (sebelah utara), dan di arah timur Gedung Sate ada Museum Geologi dengan isinya berupa benda-benda purbakala dan gedungnya yang berciri khas arsitektur zaman kolonial.

3. Puncak Ciumbuleuit
Wisatawan lebih mengenalnya dengan nama Punclut. Ini merupakan jalan alternatif dari Kota Bandung ke Lembang. Selain dikenal sebagai kawasan sentra kuliner, di Punclut pun tempat yang cocok buat berfoto dengan latar belakang view Bandung. Anda bisa menyaksikan dataran Bandung dari ketinggian. Berfoto di sini bisa dilakukan dari pagi hingga malam hari. Banyak cafe di sini yang juga menyediakan spot khusus berfoto selfie.

4. Kawasan Dago
Untuk tempat wisata di kawasan ini, bisa memilih berfoto di kawasan Jalan Dago (Jln. Ir. H. Juanda) hingga ke Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda (Tahura). Untuk di Tahura, rasakan sensasi berfoto di alam terbuka. Pengunjung bisa berfoto dengan bergelantuang di hammock, gua jepang dan gua belanda, atau di bawah pohon-pohon yang asri banget. Di sini pun ada aliran sungai dan curug (air terjun).

Namun yang pasti, belum ke Dago bila belum mencoba berfoto atau menerbangkan drone di kawasan wisata alam Tebing Keraton. Tebing Keraton dikenal sebagai salah satu tempat wisata alam paling ngehits di Bandung. View di sini sangat indah untuk diabadikan. Lokasinya tak jauh dari Tahura.

5.  Berfoto dengan background unik
Ini bisa dicoba di Amazing Art World yang tak jauh dari Terminal Ledeng (bekas Rumah Sosis). Tempat wisata jenis museum lukisan 3D telah sukses di beberapa negara lain. Kehadiran Amazing Art World di Bandung karena kota ini adalah salah satu pusat wisata di Indonesia.

Tempat lainnya yang menyajikan wisata berfoto selfie ada Upside Down World Bandung. Kalau ini, tampilan berfoto dengan posisi terbalik. Lokasinya sendiri tak jauh dari Jln. Dago, persisnya di Jln. H. Wasid no. 31, Dipatiukur (dekat Kampus Unpad).

6. Kawasan Cihampelas
Nah, sembari belanja ke sentra jeans dan kaos di Cihampelas, melipir dulu ke skywalk yang ada di bilangan Jln. Cihampelas alias di depan toko-toko. Di sini ada Teras Cihampelas. Presiden Jokowi dan Wal Kota Ridwan Kamil pun pernah selfie-selfie di sini. Lalu ke arah utara sedikit di Jln. Siliwangi ada Teras Cikapundung. Berfoto di atas jembatan merah biasa jadi spot favorit wisatawan.

Beberapa lokasi lainnya pun bisa Anda jajal. Salah satunya di taman terbaru di Dago yakni Taman Cikapayang. Atau berfoto dengan background Jembatan Layang Pasupati. Masih belum puas? Bisa juga foto-foto di taman-taman lainnya yang bertebaran di kawasan Dago. Bila hari Minggu, bisa pula berfoto di area car free day (CFD) Dago. Lokasi lainnya bisa ke Jln. Tamansari yakni di Kebun Binatang Bandung atau di area kampus ITB.