Inilah Jalur Alternatif Terbaru ke Kawasan Wisata Lembang

Bila "saudaranya" yakni kawasan wisata Ciwidey di Bandung Selatan sudah punya jalur tol Soreang-Pasirkoja (Soroja). Sementara kawasan wisata Lembang di Bandung Utara masih berkutat dengan masalah kemacetan. Hal ini karena tiada jalur langsung layaknya tol Soroja yang bisa tembus langsung ke Lembang. Saat libur panjang, wisatawan pun mau tak mau harus siap ekstra sabar terjebak kemacetan, apalagi di jalur utama keluar tol Pasteur - Jln. Setiabudhi (Ledeng) - Lembang.

Walau akses ke Lembang bisa dari jalur tol Cipali - Subang - Lembang atau Purwakarta - Subang - Lembang namun jaraknya lumayan jauh. Tapi kehadiran tol Cipali setidaknya memberikan alternatif baru ke arah kawasan wisata favorit di Bandung ini. Cara lain yang bisa ditempuh oleh wisatawan yang bawa kendaraan mobil, bisa dengan melalui jalur alternatif.

Bila dulu info jalur alternatif tersebut masih kurang diketahui di kalangan wisatan, namun kini dengan adanya akses peta online menjadikan jalur alternatif pun kadang mengalami kemacetan yang sama. Di tambah lagi, bagi Anda yang membawa kendaraan dituntut EKSTRA HATI-HATI juga performa kendaraan harus benar-benar layak. Dan yang lebih penting, siapkan aplikasi peta online dan aktifkan GPS di smartphone Anda agar tidak bingung atau malah kesasar. Disarankan juga untuk bertanya kepada penduduk sekitar.

Jalur alternatif ke Lembang dari arah Bandung terbilang sempit dan banyak tanjakan. Tak jarang terjadi kecelakaan tunggal karena rem terlalu panas hingga blong; saling bersenggolan antar kendaraan; atau kendaraan terlalu mepet ke pinggir jalan. Maklum saja di sisi jalan merupakan jalur perbukitan yang banyak tebingnya.

Namun, bila Anda merasa kendaraan dan badan Anda fit tak ada salahnya menjajal jalur alternatif ke Lembang tersebut. Berikut ini informasi jalur alternatif terbaru ke arah Lembang:

1. Jalur tol Cipali - Subang - Lembang
Jika Anda ingin berwisata ke pemandian air panas di Ciater Subang atau berwisata ke Lembang, bisa juga menggunakan Tol Cipali keluar di gerbang tol Subang (Gate 109 Cipali). Keluar dari pintu tol Anda tinggal mengikuti Jalan Otoiskandardinata - Jalan Raya Cijambe - Jalan Raya Cagak-Subang - di bundaran Cagak belok kanan sejauh 3 kilometer - belok kiri untuk masuk ke Jalan Palasari Dua - terus saja menuju kawasan wisata pemandian air panasa Ciater - Cikole - Lembang.

2. Jalur alternatif lewat Dago
Arahkan kendaraan ke Jln. Ir. H. Juanda (Dago) lanjut terus ke arah Tahura - Terminal Dago. Di seberang Terminal Dago di arah kiri dari arah Bandung - Perumahan Grand Citra - Jalan Puncak Ciumbuleuit (Punclut) - kawasan Lembang (Pasar Panorama).

3. Jalur Alternatif Dago Giri
Sama dengan nomor 2, yakni lewat Jalan Ir H Juanda (Dago). Dari arah Bandung ke Dago atas, jika ke Kanan menuju Jalan Sadang Serang maka di sebelah kiri ada jalan menurun menuju Dago Giri (kawasan wisata Dago Dreampark) lanjut ke Lawang Wangi  keluar di Cikidang-Maribaya.

4. Jalur Alternatif ke Jln. Sersan Bajuri
Dari arah Jln. Setiabudhi - di seberang Terminal Ledeng belok kiri ke Jln. Sersan Bajuri - ikuti jalan hingga melewati Kampung Gajah (Cihideung) - kawasan wisata Sapulidi, masuk gerbang perumahan Graha Puspa - keluar di Jalan Kolonel Masturi menuju Lembang - melewati Parongpong - keluar di pertigaan Beatrix-Jalan Raya Lembang (dekat Grand Hotel Lembang).

5. Jalur alternatif ke Ciumbuleuit (Punclut)
Lewat Jalan Cihampelas lalu ambil jalan ke arah Ciumbuleuit (stopan ke Jln. Siliwang/Teras Cikapundung ambil kiri) - Jln. Ciumbleuit melewati RSAU Dr M Salamun - tak jauh dari RS ini belok kanan menuju Punclut - tanjakan terpanjang di jalur alternatif ini adalah Tanjakan Naga/Tanjakan Roro - terus ikuti jalan menanjak hingga sampai ke kawasan Lembang (Pasar Panorama/Alun-Alun Lembang).

6. Jalur alternatif dari Cimahi
Bisa juga Anda keluar tol Purbaleunyi keluar di Cimahi lalu melewati Jalan Kol. Masturi, terus saja ikuti jalan sampai keluar di pertigaan Beatrix Lembang (gapura dekat Grand Hotel Lembang).

7. Jalur Sadang - Wanayasa - Subang - Lembang
Anda pun bisa keluar melalui Tol Sadang, kemudian melanjutkan perjalanan ke Purwakarta - Wanayasa - Sagalaherang -  Jl. Cagak Subang -  Ciater - Tangkuban Parahu/Cikole - Lembang.

Terkait selalu berulangnya kemacetan ke arah Lembang, ke depannya Pemkab Bandung Barat rencananya akan membuat jalur alternatif via Cikalong Wetan. Di kawasan jalur ini pun akan dipersiapkan potensi wisata yang ada di Cikalong Wetan, sehingga para wisatawan mendapat pilihan tempat wisata yang lain.