Wisata Jabar

Event Borobudur Nite and Cultural Feast Digelar 30 - 31 Desember 2017




Bila Anda dan keluarga menghabiskan liburan akhir tahun di Yogyakarta dan sekitarnya, jangan lupa datanglah ke event Borobudur Nite and Cultural Feast 2017. Acara tahun yang digagas PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko ini akan digelar pada Sabtu dan Minggu, 30-31 Desember 2017.

Event ini juga didukung Kemenpar dengan menyajikan beragam atraksi pesta rakyat. Acara tersebut juga akan dihibur dengan penampilan penyanyi jazz Andien. Untuk tahun ini, tema yang diangkat "Amazingly Wonderful", dan akan digelar sangat menarik namun tapi tetap menjaga kesakralan dan ekosistem Candi Borobudur.

Ada empat pilar tema utama, yakni persembahan music, art, culture, dan lantern. 20 desa se-Kecamatan Borobudur akan dilibatkan untuk memamerkan hasil kesenian dalam kegiatan tersebut. Terima kasih kepada semua pihak yang mendukung, termasuk Kementerian Pariwisata.

Borobudur Nite & Cultural Feast 2017 akan diawali dengan lomba kreasi masak beong (ikan khas daerah setempat). Dilanjutkan dengan pertunjukan seni angklung, jathilan, dan atraksi tradisional lainnya. Keesokan harinya, akan dilanjutkan dengan pertunjukan Strek Desa Sambeng Borobudur, Ring of Fire Band, Santoz Magician, Bregada Desa Karanganyar Borobudur dan pertunjukan lainnya. Semuanya bisa dinikmati masyarakat umum secara gratis.

Ada pula Balai Perekonomian Desa (Balkondes) Nite yang diselenggarakan di 20 desa di sekitar Candi Borobudur, ini akan menambah ceria acara. Acara Borobudur Nite 2017, akan digelar di Lapangan Lumbini mulai pukul 17.00 WIB. Berbagai pertunjukan akan ditampilkan mulai dari penampilan fashion karnaval oleh Gaharu Nusantara, hingga sajian musik dari Java Ensemble and Orchestra, Kevin and The Red Rose, Nico. Puncaknya akan dihibur dengan suara emas Andien yang akan membawakan sejumlah lagu jazz dan pelepasan ribuan lampion.

Adapun pada detik-detik menjelang pergantian tahun, para pengunjung akan menerbangkan ribuan lampion yang di dalamnya telah ditulis doa dan harapan di tahun 2018 mendatang. Proses hitung mundur tahun baru akan berkesan dengan tujuh ribu lampion yang dilepas secara bersamaan.