Wisata Jabar

Bukit Jamur Rancabolang, Tempat Selfie Kekinian Anak Muda





Bukit Jamur ini berada di Desa Rancabolang, Kec. Pasirjambu, Kab. Bandung. Tempat wisata di Bandung Selatan ini menjadi viral di media sosial setelah banyak anak muda yang mengabadikan selfie mereka di taman dengan pemandangan jejeran pohon-pohon cemara berbentuk jamur.

Bukit Jamur Rancabolang ini sendiri berada di kaki Gunung Tilu dan Gunung Patuha. Untuk akses ke lokasi sih memang terbilang jauh dan kurang bagus, namun keindahan dan kesejukan udara pegunungan Bandung Selatan ini bakal bikin betah pengunjung. Sebaiknya menyambangi ke Bukit Jamur pada saat siang atau sore hari.

Taman Bukit Jamur Rancabolang berdiri di atas lahan kurang lebih 2 hektare. Bukit Jamur berdekatan dengan perkebunan teh PT. Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII).  Selain bisa berfoto-foto di hamparan taman yang hijau dan di antara pepohonan yang berbentuk jamur, pengunjung dapat mengunjungi sebuah rumah tua yang bergaya Belanda.

Sampai saat ini belum ada biaya retribusi untuk masuk ke Bukit Jamur Ciwidey ini. Pengunjung pun dibebaskan datang kapan saja. Untuk tiket parkirnya hanya Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Adapun berkunjung ke Bukit Jamur Rancabolang bisa menggunakaan motor atau mobil, namun lebih baik pakai motor.  Untuk rutenya, menuju kawasan Geodipa Energi atau kawasan Kebun Teh Rancabolang milik PTPN VIII. Rutenya dari arah Bandung ke Soreang - Pasir Jambu - Barutunggul - Dusun Keneng - Desa Rancabolang.

Untuk ke kawasan Desa Rancabolang arah ke Ciwidey, belokannya sesudah Alfamart (sebelah kiri) kiri sebelum Ciwidey Valley Resort. Dari belokan tersebut ke arah Barutunggul menuju Desa Rancabolang, dan setelah melewati pertigaan PLTU. Geodipa Energi, di sanalah Bukit Jamur berada. Untuk peta lokasi, silakan lihat di Google Maps.