Wisata Jabar

Pertamina Kembangkan Potensi Wisata Baduy





Guna mendukung potensi pariwisata masyarakat adat Baduy, Pertamina meresmikan bantuan CSR Fasilitas Umum Penunjang Desa Wisata Baduy pada Sabtu, 25 November 2017. Hal ini dilakukan Pertamina untuk mengembangkan potensi masyarakat adat Baduy baik dari segi pariwisata maupun ekonomi kreatif.

Bertempat di Desa Kebon Cau Kecamatan Bojongmanik, Kabupaten Lebak, Pertamina meresmikan jalur baru pendakian menuju desa Baduy Dalam melalui Cijahe. Bantuan Fasum yang diserahkan antara lain  Gapura Desa Wisata, Saung Informasi, Pembukaan akses jalan batu Cijahe-Cibeo dan Danau Dandang-Desa Campaka, Pembangunan Jembatan, Toilet Umum dan Instalasi Tempat Sampah serta pipanisasi jalur air bersih. Turut hadir dalam peresmian VP CSR & SMEPP Agus Mashud, Unit Manager Comm & Relation Dian Hapsari, Lurah Kebon Cau Dadi, dan Jaro Baduy Luar Kanekes Saija.

Dalam sambutannya, Agus Mashud mengatakan, "Kegiatan ini sebagai lanjutan dari kegiatan pemeriksaan kesehatan yang kami laksanakan di Ciboleger beberapa bulan yang lalu. Kami melihat potensi lebih yang dimiliki oleh Desa Baduy di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.”

Dia juga mengatakan bahwa CSR Pertamina di Desa Baduy akan dilaksanakan secara berkelanjutan. “Dengan bekerjasama dengan Komunitas Sahabat Baduy kita akan memfungsikan saung informasi ini sebagai sarana kegiatan pelatihan umkm dan kesenian, edukasi dan pusat informasi wisata di Baduy,” tukasnya.

Hal ini disambut baik oleh Jaro Baduy Luar Kanekes, Saija. “Saat ini potensi wisata Baduy sudah mulai surut. Hal ini dikarenakan banyaknya mis informasi tentang Baduy itu sendiri. Sehingga banyak pihak yang takut untuk berkegiatan dan mengembangkan desa adat baduy,” tuturnya.

Pada kesempatan ini Pertamina juga membagikan sembako sebanyak 200 paket dan melakukan pemeriksaan kesehatan gratis untuk 200 warga. Pertamina berharap bantuan ini dapat membantu masyarakat Baduy meningkatkan kualitas hidupnya di masa yang akan datang.