Wisata Jabar

Pengembangan Desa Wisata Setanggor NTB, Pemprov Libatkan Potensi Warga




Menteri Pariwisata Arief Yahya didampingi Kadispar Pemprov NTB Lalu Fausal dan Ketua Tim Percepatan Homestay, Anneke Prasiyanti mengunjungi Desa Wisata Setanggor yang terletak di Kabupaten Lombok Tengah pada Jumat, (17/11/2017)

Disambut ratusan warga Setanggor, Menpar Arief Yahya disambut oleh tarian adat oleh masyarakat yang diiringi dengan musik daerah. Menpar beserta rombongan mampir ke Sanggar Seni Setanggor lalu menyaksikan pertunjukan musik daerah berupa gamelan khas Lombok.

“Core Business kita adalah budaya, dan saya sangat apresiasi pertunjukan budaya di sini,” kata Menpar. Dalam sambutannya, Menpar pun menyampaikan bahwa Setanggor adalah salah satu desa wisata terkeren di Indonesia.

“Saya sudah pernah melihat beberapa desa wisata yang paling keren salah satunya Setanggor, ada rumus 4P, yaitu: product, jaga konsistensi pertunjukan budayanya. Promotion, seluruh anak muda harus bermain medsos mempromosikan wilayahnya. Lalu price, harganya sudah cukup kompetitif dan place harus ditingkatkan SOP pelayanannya,” ungkap Menpar.

Arahan bapak menteri dalam kunjungan tersebut adalah:
1. Standar bahasa Inggris warga agar dinaikkan.
2. Standar layanan sesuai SOP yang baik.
3. Penggunaan sosial media sebagai media promosi.

Desa Setanggor berdiri pada bulan September 2016 dan sudah dikunjungi 1.613 wisatawan dari 37 negara paling banyak dari Perancis, Belanda, dan China.