Wisata Jabar

Festival Durian 2017 Sindangwangi Majalengka Digelar 9-10 Desember 2017



Festival Durian 2017 di Pasar Ikan Sindangwangi Majalengka

Buah khas negara tropis ini menjadi buah yang digemari masyarakat. Durian, duren, atau kadu dalam bahasa Sunda memang menjadi primadon. Nah, bagi Anda penyuka berat buah ini, jangan lewatkan kesempatan mencicipi durian sepuasnya dalam event khusus di Majalengka. Bertajuk Festival Durian Sindangwangi 2017, event ini menyajikan ribuan durian yang bisa disantap pengunjung hanya dengan bayar Rp50.000/orang.

Event makan durian secara massala ini bakal digelar di Pasar Ikan, Lengkong, Sindangwangipada Sabtu dan Minggu, 9 dan 10 Desember 2017. Festival ini merupakan salah satu dari 100 event Pesona Indonesia tahun 2017 yang didukung oleh Kementerian Pariwisata.

Anda kenal dengan durian sinapeul? Durian ini merupakan kekayaan lokal dari Sindangwangi.
Daerah lain di luar sinapeul bisa saja menanam Durian ini, tetapi rasanya akan jauh berbeda dengan yang ditanam di daerah sinapeul. Durian ini memiliki warna kuning mentega, kering, daging tebal, biji kempes, manis, pulen dan sangat tajam aroma duriannya, bahkan setelah tangan kita dicuci dengan sabun wangi duriannya masih tetap menempel.

Durian Sinapeul memiliki empat jenis durian yang dijadikan andalannya, diantaranya Durian Perwira, Sriwig, Bokor dan Cangpis. Durian Perwira merupakan durian yang dikembangkan petani Sindangwangi yang sudah mendapatkan sertifikat sebagai durian unggulan. Bibit induknya pun asli berasal dari Sindangwangi, yakni perpaduan varietas Cangpis (Cangkang Ipis) dan Matahari.

Stok duriannya sendiri sudah disiapkan sampai target 10.000 pengunjung. Selain pesta makan durian, bakal ada juga games, parade band, nyanyian akustik dari ibu-ibu wonderwoman Sindangwangi yang jumlahnya 1000 orang.

Pengunjung pun boleh membeli durian untuk dibawa ke rumah. Adapun nanti di lokasi, sejumlah penjaga  stand di Festival Durian ini juga nantinya akan bersiaga bagi pengunjung yang kesulitan mengupas buah.

Sementara jumlah durian yang akan dikirim untuk festival durian tersebut mencapai 5.000 buah berbagai jenis. Desa Bantaragung menjadi salah satu pemasoknya. Dimana durian di sini memiliki jenis durian yang memiliki nilai historis. Festival ini menjadi kesempatan buat masyarakat kami membuktikan bahwa Majalengka khususnya Bantaragung, memiliki durian yang sangat khas dan memiliki nilai sejarah. Salah satunya jenis durian Dalem.

1. Loket penjualan tiket/kupon
Untuk loket ataupun tiket disediakan pada hari Sabtu, 9 desember 2017 mulai pukul 15.00 WIB. Sedangkan untuk Minggu 10 Desember 2017 tiket bisa didapatkan mulai pukul 06.30 WIB. Untuk tiket sendiri bisa didapatkan di sekretariat penjualan tiket dan untuk harganya adalah Rp. 50.000 / kupan per orang.

2. Penggunaan tiket/kuponUntuk penggunaan kupon sendiri dimulai pada pukul 16.00 WIB untuk hari Sabtu 9 Desember 2017. Sedangkan untuk hari Minggu 10 desember 2017, penggunaan kupon mulai pukul 08.30 WIB. Tiket tersebut bisa digunakan untuktiket masuk stand makan sepuasnya dengan kursi terbatas dan digunakan untuk ditukarkan dengan satu buah durian sinapeul untuk dibawa pulang. Tapi pengunjung juga bisa menonton konser dengan berbelanja di stand-stand yang sudah disediakan pihak panitia.

3. Durian untuk dibawa pulang
Bila Anda telat datang dan tidak ingin mengantre lama-lama, bisa mengunjung stand dengan menukarkan tiket dengan durian yang bisa dibawa pulang.

4. Area makan durian
Unuk menikmati durian, ada beberapa area yang sudah disediakan oleh pihak panitia. Anda bisa membeli dan menukarkan kuponnya di area ini. Akan tetapi, mengingat tempatnya yang sangat terbatas, bagi yang tidak mau mengantre bisa menukarkan kupon tersebut di stand penukaran durian.

5. Akses ke Festival Durian Sindangwangi 2017
Kabupaten Majalengka sendiri merupakan daerah penghubung antara kawasan Priangan dengan Cirebon. Daerahnya dilewati Jalan Negara Bandung – Cirebon dan Cirebon – Ciamis, Selain itu, juga dilintasi Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dengan dua pintu tol di kawasan Kertajati dan Sumberjaya. Untuk menuju lokasi acara festival maka Anda dapar arahkan perjalanan sekira 22 km dari Kantor Bupati Majalengka ke arah Kantor Bupati Kabupaten Cirebon dengan lama perjalanan sekitar 30 menit tiba di lokasi.