Wisata Jabar

Situ Cipanten, Wisata Alam Paling Asyik di Majalengka




Bagi Anda kawula muda maupun yang sudah berkeluarga, wisata alam di Majalengka ini bisa jadi pilihan. Terletak di Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sindang, Kab. Majalengka, situ atau danau ini kian ngehits di kalangan netizen. Sebetulnya lokasi wisata alam ini sudah ada sejak tahun 1970-an, namun dulu kurang ditata dengan baik sehingga terkesan angker. Dulu, danau ini difungsikan sebagai pengairan dan perikanan. Sumber air Situ Cipanten sendiri berasal dari tujuh mata air yang tak akan kering walau saat musim kemarau.

Kini, di era media sosial, Situ Cipanten mendapat tempat tersendiri di kalangan traveller. Di area danau dengan luas kurang lebih 1 hektare ini kini banyak aneka fasilitas yang tersedia. Tempat ini pun cocok bagi pengunjung yang ingin bersantai di alam terbuka, berswafoto, menggelar foto prewedding, maupun wisata air.  Lokasi danau ini tidak terlalu jauh dari kawasan kota Majalengka hanya sekitar 16 kilometer ke arah barat.

Rute ke Situ Cipanten, Majalengka
Akses ke Situ Cipanten bisa dilalui dari jalan raya Majalengka - Rajagaluh, kemudian berbelok di Desa Salagedang menuju ke Kecamatan Sindang. Gapura masuk menuju obyek wisata ini berada di jalan antara Desa Gunung Kuning dengan Desa Sindang. Lebih lengkapnya silakan bisa cek di Google Maps. Sementara untuk akses jalan cukup bagus. Bagi yang bawa motor cukup bayar Rp5.000 dan mobil Rp10.000.Naik perahu bayar Rp5.000 dan mau naik bebek gowes bayarnya Rp10.000. 

Keasrian alam Situ Cipanten menjadi magnet tersendiri. Berair tenang dengan ikan-ikan di dalamnya plus dikelilingi hutan yang masih asri akan menjadi pengalaman tersendiri bila berkunjung ke sini. Pengelolaan Situ Cipanten sendiri dilakukan oleh pemerintah Desa Gunung Kuning bekerja sama dengan Karang Taruna setempat. Pembenahan demi pembenahan dilakukan di situ ini.

Bagi yang hobi selfie, bisa berfoto-foto di dermaga cinta berbentuk love, di spot perahu, dan spot lainnya. Bagi yang hobi memancing juga sangat pas di lokasi wisata ini. Untuk yang hobi wisata air bisa naik perahu atau perahu bebek. Atau mungkin Anda dan kawan-kawang pengen ngabotram alias makan bareng? Bisa juga berwisata kuliner di sini, makan sambil menikmati keindahan asrinya area Situ Cipanten.

Berikut ini beberapa testimoni dari para traveler yang pernah berkunjung ke Situ Cipanten (sumber Google Maps):

Risa Dinah
Cocok buat dijadiin tempat refresing otak. apalagi buat para pelajar yg tugasnya slalu numpuk, butuh liburan ya kesini aja.

A. Gumelar
Suasananya tenang, damai. pokoknya asik banget. Buat kalian mau tua ataupun muda coba datengin nih tempat dijamin gk bakalan nyesel. Apalagi kalo sama pasangan dijamin deh betah banget!!

Redi Riatno
Tempatnya asri,  sejuk. Sarana udah lumayan. Objek foto juga gak kalah menarik sama tempat lain..

Usman Apandi
Cocok untuk ngadem. Terima kasih padamu Allah swt yg telah memberi rahmat-Mu pada kami. Untuk Situ Cipanten-nya, mari kita jaga dan lestarikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua......amin.

Surya Endah
Lokasinya mudah dijangkau. Airnya jernih banget dan masih alami. Jajanannya sangat terjangkau. Buat pengelola agar dipasang di jalan utama papan penunjuk arah wisata Situ Cipanten.

Donna Aprilianti
Tempatnya sejuk, bisa dijadikan tempat rekreasi keluarga atau tempat untuk kumpul bersama teman.

Maghdar Fajari
Cocok untuk wisata keluarga, terdapat bebek-bebekan air, spot foto, wc, warung.