Wisata Jabar

Pemandian Air Panas Sukasono, Wisata Alam Garut yang Bakalan Ngehits





Potensi wisata alam Garut memang luar biasa dan dari dulu menarik kunjungan wisatawan dari berbagai daerah. Keunggulan wisata alam Garut, salah satunya pemandian air panas. Sebagai jalur gunung berapi, kota berjuluk "Swiss van Java" ini punya wisata andalan air panas. Nama kawasan pemandian air panas di daerah Tarogong selama ini jadi tujuan para wisatawan.  Namun kini, Cipanas punya "saudara" baru yakni pemandian air panas Sukasono, Sukawening.

Destinasi wisata pemandian air panas Sukasono kini mulai viral di media sosial. Tempat wisata ini bisa menjadi pilihan baru bagi wisatawan yang melancong ke Garut. Nama Desa Sukasono pun mencuat ke permukaan dan promosi secara mandiri oleh netizen menjadi berkah tersendiri bagi desa ini.

Berlokasi di area persawahan, pemandian air panas memang menjadi magnet baru bagi para wisatawan. Sumber air panas ini awalnya hanya dipakai warga, mulai untuk mandi sampai dibawa untuk mengobati penyakit. Katanya, warga menemukan sumber air panas ini beberapa tahun lalu. Pancaran air panas ini muncul di tengah kawasan persawahan dan permukiman. Lalu, warga dan pemilik tanah tempat sumber air panas berinisiatif membangun kolam-kolam di dekat sumber air.

Bagi Anda yang penasaran ingin menikmati sensasi wisata pemandian air panas Sukasono, Garut, dari kota Garut dapat menggunakan angkot warna biru-kuning jurusan Cibatu dan berhenti di Pasir Jengkol, kemudian perjalanan dapat diteruskan dengan naik ojek atau berjalan kaki. Bila Anda mengendarai mobil pribadi atau motor, maka Anda dapat memarkirnya dekat lokasi. Untuk akses ke lokasi, sudah tersedia jalan yang mulus.

Untuk tarifnya Rp10.000 (dewasa) dan Rp6.000 untuk anak-anak. Hanya saja di sini belum ada fasilitas penginapan. Mungkin penyediaan fasilitas penginapan secepatnya harus disediakan oleh pihan terkait. Maklum saja, wisata pemandian air panas biasanya jadi favorit wisatawan yang datang dari luar kota. Mereka pasti butuh tempat buat istirahat bersama keluarga. Selain itu, wisata pemandian air panas identik dengan kebiasaan pengunjung yang kebanyakan cocoknya berendam di malam hari.