Wisata Jabar

Festival Tanjung Lesung Akan Digelar 22 - 24 September 2017



Mengusung tema “Sport and Adventure Tourism”, Festival Tanjung Lesung Akan Digelar 22-24 September 2017.  Event ini untuk memperkenalkan Tanjung Lesung sebagai Wisata Bahari yang dekat dengan Ibukota Jakarta. Kegiatan yang akan diadakan di Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Banten tersebut akan dimeriahkan dengan Lomba Kolecer dan Bebegig atau orang-orangan sawah untuk mengusir hama sawah seperti burung hantu atau tikus.

Perhelatan Festival Tanjung Lesung merupakan kerjasama antara Pemprov Banten, Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Kementrian Pariwisata, PT Banten West Java, serta seluruh stakeholder pariwisata yang ada di Banten.  Festival Tanjung Lesung 2017 akan didukung dengan berbagai kegiatan menarik yang meliputi Lomba Fotografi, Seminar Sumber Daya Manusia Pariwisata, Kuliner dan Kerajinan Bazaar, dan banyak lagi. Juga akan ada rangkaian forum bisnis yang bertujuan menarik investor untuk lebih mengembangkan pariwisata di destinasi prioritas ini.

Selain itu, Rhino XTriathlon akan diselenggarakan pada 24 September 2017 dan lomba MTB XC Marathon (Mountain Bike Cross Country) dan Sunset Trail Run pada 23 September 2017). Untuk Rhino XTriathlon akan dilakukan dengan panjang lintasan renang 500 meter dan 1.000 meter, rute sepeda 10 kilometer untuk satu putaran, dan rute lari 5 kilometer untuk satu putaran. Arena berada kawasan Tanjung Lesung meliputi area Beach Club, Mercu Suar, Sailing Club, Blue Fish, Bukit Mundi, Jalan Arteri, Desa Kalicaa, Pantai Bodur, dan Golf Land.

Penyelenggaraan festival budaya yang dipadukan dengan wisata olahraga (sport tourism) tersebut menjadi sarana efektif dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Provinsi Banten. Hal itu juga sekaligus mempromosikan Tanjung Lesung yang ditetapkan pemerintah sebagai satu di antara 10 destinasi prioritas yang akan menjadi ‘Bali Baru’.

Kementerian Pariwisata RI sendiri menargetkan kontribusi wisatawan mancanegara (wisman) dari KEK Tanjung Lesung diproyeksikan sebesar 1 juta wisman, dari target nasional sebesar 20 juta wisman pada 2019.

FESTIVAL TANJUNG LESUNG 2017
PT Banten West Java
Menara Batavia, Lt. dasar
Jln. KH. Mas Mansyur Kav. 126
Karet Tengsin, Tanah Abang
DKI Jakarta 10230, Indonesia

Telepon: 021-5727-345, 021-5790-2855
Email: pesonabahari@tanjunglesung.com
Official website: http://tanjunglesungfest.com