Wisata Jabar

West Java Marathon, Angkat Promosi Sport Tourism Jawa Barat




Pocari Sweat Bandung West Java Marathon 2017 yang digelar pada Minggu, 30 Juli 2017 menjadi babak baru untuk mempromosikan sport tourism di Jawa Barat. Pada kegiatan lari marathon massal tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, pada pagi harinya sekitar pukul 05.00. Lomba marathin dimulai dari Jalan Dipenogoro depan Gedung Sate Bandung.

Event marathon tersebut memperlombakan beberapa kategori diantaranya mulai dari kategori Kid Dash, 5K, 10K, Half Marathon, hingga Full Marathon yang berjarak tempuh 42 Kilometer. Tercatat 6500 pelari dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara, ikut serta pada lomba lari Pocari Sweat Bandung West Java Marathon 2017 yang terbagi dalam beberapa kategori. Para peserta 75 persen di antaranya warga luar Kota Bandung.

Sementara ruas jalan jalan yang dilalui peserta maraton ini, antara lain :Jalan Diponegoro - Pusdai - Suropati  - sepanjang jalan Pasopati sampai  Pasteur - Supratman - Kiara Condong -Jembatan Antapani - Jendral Gatot Subroto - Pelajar Perjuangan 45 - BKR - Asia Afrika - Braga  - Pasir Kaliki - Wastu Kencana - Ir. H. Djuanda dan sepanjang Jalan Riau.

Wisata sambil olahraga
Acara Pocari Sweat Bandung West Java Marathon 2017 ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam HUT Jabar ke-72. Kegiatan ini bukan hanya acara olahraga, tapi juga pariwisata. Karena rute yang digunakan merupakan sebagian dari ikon wisata di Kota Bandung.

Peserta bisa menikmati matahari terbit di Jembatan Layang Pasupati. Lalu ikon bersejarah Asia Afrika, Braga, dan tentunya Gedung Sate. Selain itu, peserta melewati daerah-daerah yang disukai pelancong, misalnya pusat factory outlet di Bandung.

Untuk ke depannya, kegiatan serupa tak hanya digelar di Bandung, karena event ini bertajuk West Java. ‘’Karena membawa nama West Java, kegiatan ini bisa dilakukan di kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat," kata Aher. Sebelumnya, Sabtu, 29 Juli 2017 malam , Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengundang para pelari untuk menikmati jamuan makan malam di Aula Barat Gedung Sate Bandung.

Didukung Bank BJB
Event sport tourism paling akbar di Jabar ini disponsori oleh Bank BJB. Dalam event ini, Bank BJB memberikan kemudahan kepada peserta yang membuka tabungan Bank BJB Tandamata. Pada promosi tahap pertama, peserta yang membuka tabungan Tandamata dengan saldo awal Rp 500.000 mendapatkan diskon 30 persen untuk pembelian maksimal dua tiket maraton. Sementara pada promosi tahap kedua, peserta yang membuka tabungan BJB Tandamata dengan saldo awal Rp1 juta mendapatkan satu tiket marathon gratis.