Wisata Jabar

West Java Eco Marathon (WJEM) Digelar 15 Oktober 2017 di Kawasan Pangalengan




Keindahan alam Jawa Barat menjadi pesona tersendiri bagi para wisatawan. Salah satu promosi yang dilakukan dengan kegiatan sport tourism. Adalah West Java Eco Marathon (WJEM) 2017, event olahraga lari untuk mendukung promosi wisata alam Jawa Barat tersebut. Event sport tourism yang pertama kali diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada tahun ini menunggu para runners yang suka tantangan pengalaman berlari lebih dinamis.

West Java Eco Marathon menyiapkan pengalaman berbeda setiap tahun dengan flying track eksotisme alam Tatar Sunda di antara gunung, rimba, laut dan pantai. Dari Jawa bagian Barat, akan disuguhkan lebih dari 100 spot menantang bagi para runners. Event pertama West Java Eco Marathon bertema feel the breeze akan membawa tantangan baru berlari di udara dingin di ketinggian 1.100 - 1.750 meter dpl.. WJEM jilid pertama yang diselenggarakan akan melintas Gunung Wayang Windu dan Gunung Tilu yang berada di kawasan Pangalengan, di selatan Kota Bandung.

WJEM sendiri telah resmi diluncurkan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan di Gedung Sate, Kota Bandung pada Senin, 21 Agustus 2017. Dalam sambutannya, pria yang akrab dipanggil Aher tersebut mengatakan panitia WJEM 2017 berencana akan mengundang semua provinsi yang ada hubungan persaudaraan sister city, semisal Shizuoka dari Jepang, Guangxi , Sichuan, Chongqing, dan Heiliongjiang. Dari Rusia, Sousmassa dari Maroko, dari Sudan, Korea juga Incheon, dan lain-lain.

West Java Eco Marathon tahun ini akan diadakan pada Minggu, 15 Oktober 2017, dengan memperlombakan 4 kategori yaitu 5 km, 10 km, 21 km (Half Marathon) dan 42 km (Full Marathon). Adapun yang membedakan dengan maraton lain itu kombinasi trek maraton mulai dari jalan berbatu, rumput, naik turun elevasinya. Dari sisi lingkungannya, misalnya yaitu zero plastic di water station, diganti dengan gelas kertas. Panitia pun akan menggunakan sepeda/sepeda listrik untuk mengurangi polusi. Jadi tidak ada sepeda motor.

Beberapa spot atau water station ada jaipongan, pencak silat. Pelari bisa menyaksikannya yang terletak di 7 desa yang akan dilewati. Adapun untuk pendaftaran, sudah dimulai sejak ltanggal 8 Agustus 2017 dan akan ditutup pada 30 September 2017. Pendaftaran bisa dilakukan secara daring di reg.westiavamarathon.com atau secara offline di Centropunto, Jl. Trunojoyo No. 58 Bandung.‎ Info lengkap persyaratan, peraturan, dan pendaftaran online WJEM 2017 KLIK DI SINI.