Wisata Jabar

Menpar Ajak Mahasiswa Unpad Garap Potensi Pariwisata Indonesia



Menteri Pariwisata Arief Yahya yang baru saja menerima penghargaan tertinggi dari ITB langsung bergerak berbagi ilmu kepada sekitar 500an mahasiswa baru dalam acara kuliah umum di Bale Sawala Rektorat Universitas Padjadjaran, Jatinangor Bandung.

Kehadiran Menteri Pariwisata mendapat sambutan antusias dari ratusan mahasiswa yang penasaran untuk mendapat ilmu dalam kuliah umum tersebut. Adapun tema yang dibahas dalam kuliah umum yang digelar mulai pukul dua siang tersebut "Wonderful Indonesia: Pariwisata sebagai Penggerak Ekonomi dan Peningkat Daya Saing Bangsa."

Potensi sektor pariwisata Indonesia
Dalam paparannya, Menpar Arief Yahya menyampaikan menekankan mengenai proyeksi sektor pariwisata yang positif ke depan dan semakin jelas akan terbukti penyumbang devisa yang dulunya populer migas dan nonmigas akan segera menjadi pariwisata dan nonpariwisata.

"Dalam bisnis, proyeksi lebih penting dibanding performansi. Sekarang proyeksi dan performansi pariwisata sama bagusnya," tutur Menpar.

Acara yang turut dihadiri Wakil Rektor III Bidang Riset, Pengabdian Kepada Masyarakat, Kerjasama dan Korporasi Akademik Ibu Keri Lestari, beserta jajaran rektorat dan dekanat Fakultas Ekonomi Bisnis dan dosen dari berbagai jurusan.

Dalam sambutannya, Keri Bestari menyebut pihak Unpad mendukung pengembangan pariwisata Indonesia, khususnya di Jawa Barat. Unpad memiliki program Puskesmas Pariwisata yang memiliki 2 dokter dan 10 calon dokter yang standby di lokasi. Unpad juga turut mengawal pengembangan Geopark Ciletuh untuk menjadi UNESCO Global Geopark.

Penghargaan Menpar dari ITB
Sebelumnya, Menteri Pariwisata RI Arief Yahya menerima penghargaan Ganesha Praja Manggala dari Bakti Adiutama yaitu penghargaan yang diberikan kepada pejabat pemerintah yang telah menunjukkan jasa dan pengabdian yang menonjol atau luar biasa selama menjabat. Penghargaan diserahkan langsung oleh Rektor ITB Prof .Dr Ir. Kadarsah Suryadi, DEA.

Dalam kunjungannya ke Bandung kampus di Bandung Utara tersebut, Menpar pun menghadiri acara sidang terbuka Institut Teknologi Bandung, Peringatan 97 Tahun Pendidikan Tinggi Teknik Di Indonesia, di Aula Barat Kampus ITB. Acara ini juga dihadiri oleh Menteri Sekretaris Kabinet RI Pramono Anung, Menteri Pupera Basuki Hadimuljono dan Rektor ITB Kadarsah Suryadi.