Wisata Jabar

Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 di Bandung




Pada Sabtu, 26 Agustus 2017, sebuah event akbar akan dihelat di Bandung. Event Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 tersebut diadakan dalam rangka peringatan puncak nasional HUT Kemerdekaan ke-72  RI. Penyelenggaraan karnaval kemerdekaan merupakan tradisi yang sudah dilaksanakan dari 2015 lalu sebagai acara penutup puncak perayaan kemerdekaan.

Karnaval kemerdekaan di Bandung kali ini menjadi pesta rakyat yang menampilkan arak-arakan budaya nusantara sebagai representasi dari keberagaman suku dan budaya di Tanah Air dengan semangat api kerja bersama untuk mengisi kemerdekaan.

Berikut ini informasi seputar Karnaval Kemerdekaan - Pesona Parahyangan 2017.

1. Jadwal dan rute karnaval
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Sabtu, 26 Agustus 2017 mulai pukul 14.00 sampai pukul 17.00 WIB. Adapun iring-iringan peserta karnaval akan dimulai dari Gedung Sate hingga ke Alun-alun dengan rute: Gedung Sate (Jalan Diponegoro) - Jalan Ir H Juanda/Dago - Jalan Merdeka - Jalan Lembong - Jalan Tamblong - Jalan Asia Afrika - Alun-alun Bandung.

2. Akan dihadiri Presiden Jokowi
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana akan ikut berpartisipasi sebagai peserta karnaval dengan menaiki mobil hias Kereta Pancasila yang menyiratkan makna budaya kerja dan gotong royong dalam laku budaya berupa kebersamaa

3. Peserta  karnaval
Ada sekitar 2.500 peserta karnaval yang bakal memeriahkan acara.Karnaval-karnaval terkenal lainnya di Indonesia, seperti Jember Fashion Carnaval, Solo Batik Carnival, dan Tomohon International Flower Festival akan ikut memerihakan Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan. Selain itu, karnaval kali ini juga akan diramaikan Rombongan Rebana dari Pondok Pesantren Nurul Iman, Karaton Kapangeranan Gebang Kinatar Cigugur Kuningan, Kuda Renggong Sumedang, Kesenian Gotong Garuda, Reog Ponorogo, kesenian Sisingaan asal Subang, serta perwakilan budaya berbagai provinsi di Indonesia.

4. Pelibatan Komunitas
Karnaval ini juga akan melibatkan berbagai komunitas anak muda dan komunitas budaya di Bandung, seperti Paguyuban Sepeda Baheula Bandung, Komunitas Historia Van Bandung, Pemain Engrang Jack Obin, Mojang Lenjang dan Jajaka Gandang Priangan, Atlet Sepatu Roda KONI Bandung, dan Komunitas Cosplay Bandung.

5. Pengamanan
Jumlah personel yang dikerahkan dari TNI sebanyak 2.500 orang dan Polri 2.500 orang. Pengamanan akan diberlakukan dari rute kedatangan di Bandara Husein Sastranegara sampai objek atau pusat kegiatan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro dan Taman Vanda, Jalan Merdeka. Selain itu, saat perjalanan karnaval dari Gedung Sate sampai Taman Vanda.

Untuk sistem pengamanan yang diterapkan nanti, jalur dari Bandara Husein Sastranegara ke Gedung Sate. Polri dan TNI memprioritaskan Presiden. Kemudian, di Gedung Sate dan Taman Vanda dibuat sistem ring satu sampai empat.

6. Pengalihan arus kendaraan
Untuk pengaliha arus kendaraan, salah satunya saat Presiden datang dari Bandara Husein Sastranegara ke Gedung Sate sehingga akan ada penutupan jalan sementara. Saat tiba di Gedung Sate, Jalan Diponegoro ditutup. Begitu juga saat di Taman Vanda, Jalan Merdeka pun ditutup. Penutupan mulai dilakukan pukul 12.00 sampai pukul 17.00 WIB. Begitu juga Jalan Asia Afrika, tetapi situasional. Setelah rombongan Presiden melintas, jalan dibuka kembali.