Wisata Jabar

Curug Cimedang Malaganti, Air Terjun Nan Resik di Tasik





Di mana ada gunung, di situ ada air terjun. Wilayah Jawa Barat dengan topografi pegunungan memang menyajikan potensi wisata alam nan indah. Paduan wisata alam curug memang dikenal menjadi daya tarik tersendiri bagi daerah-daerah dengan ciri khas pegunungan. Curug-curug tersebut bisa ditemui di kawasan pegunungan seperti Gunung Ciremai di Kuningan; Gunung Tampomas di Sumedang; Gunung Salak di Bogor/Sukabumi; atau Gunung Galunggung di Tasikmalaya. Khusus untuk Tasikmalaya, banyaknya potensi wisata air terjun menjadikan kota ini diproyeksikan jadi wisata alam unggulan di Priangan Timur.

Dan nama Curug Cimedang kini pamornya tengah naik ke permukaan. Lokasinya menjadi bagian dari Gunung Galunggung. Curug Cimedang tepatnya berada di Kampung Malaganti, Desa Raharja, Kecamatan Sariwangi. Mendengar nama "Cimedang" memang identik dengan sungai panjang yang membentang dari pusat kota Tasikmalaya hingga ujung muara di pantai selatan. Curug Cimedang sendiri merupakan nama curug yang berasal dari nama aliran sungai kecil yang mengalir ke air terjun tersebut.

Pada liburan Lebaran 2017, nama Curug Cimedang sempat trending menghiasi linimasa media sosial. Para perantau yang mudik ke Tasikmalaya banyak yang sengaja menyambangi curug di kawasan Singaparna ini. Sajian keindahan curug ini bikin adem pengunjung yang ingin menikmati suasana alam khas pilemburan. Luasnya memang jauh dengan curug-curug lainnya, malah terbilang mini hanya lima meteran. Namun, inilah yang jadi daya tarik dengan airnya yang bening sehingga bikin penasaran untuk merasakan kesejukan airnya.

Sementara untuk akses ke wisata air terjun ini, Anda bisa mengarahkan kendaraan dari kota Tasikmalaya ke menuju Alun-Alun Singaparna dengan jarak hanya 11 km. Dari Singaparna kemudian berputar ke arah Sariwangi - Kampung Malaganti - “Malaganti Center” / stasiun pemancar televisi lokal dekat villa - kurang lebih 300  meter ke barat - pertigaan sebelum lapangan bola - ke arah kiri sekitar 700 meter ke area  (penambangan pasir) - jalan kaki ke arah bawah menuruni jalan tembok - arah Sungai Cimedang - air terjun di sebelah barat - menyisir sisi sungai sekitar 20 meter  - sampai di Curug Cimednag. Bila via rute Bandung Ciawi bisa belok dari Cisayong masuk jalan Cisinga.