Wisata Jabar

Saung Ambu Tisum, Sentra Oleh-Oleh Aksesori Sunda di Kuningan





Bila Anda sedang berkunjung ke Kab. Kuningan, Jawa Barat dan ingin membeli oleh-oleh berupa aksesori khas Sunda datang saja ke Saung Ambu Tisum. Lokasi galeri etnik Sunda tersebut berada di Jln. Raya Ciloa Keramatmulya 5 KM Kuningan (depan RM Lembah Ciremai). Di Saung Ambu Tisum, Anda bisa membeli pangsi, iket (totopong), alat kesenian, kaos bertemakan sunda, iket sunda/totopong, kujang, wayang, karinding, aksesoris seperti pin kujang, kalung kujang, dan aneka handycraft lainnya.

Saung Ambu Tisum yang sudah berdiri beberapa tahun ini kini menjadi salah satu ikon sentra wisata belanja khas Kuningan. Menurut pemiliknya, Tuti Sumiati atau akrab dipanggil Ambu Tisum, kehadiran galeri pernak-pernik Sunda ini berangkat dari keinginan untuk memasyarakatkan aneka produk khas Sunda. Selain biasa menjaga gerainya, Ambu Tisum pun kerap mempromosikan aneka produknya dengan mengikuti pameran-pameran, baik di Kab. Kuningan sendiri maupun ke luar daerah.

Aneka produk khas Sunda di gerainya sendiri, kata Ambu Tisum, kini sudah merambah hingga ke luar Pulau Jawa hingga mancanegara. Upaya mempromosikan aneka produk yang dilakukan Ambu Tisum bukan sebatas di gerai atau pameran, namun juga ia rajin menggelar event-event kesundaan di Kuningan juga ia pun aktif bergabung dengan komunitas-komunitas kesundaan.

"Selain itu, Ambu pun menerapkan konsep miindung ka waktu mibapa ka jaman. Ya, jualan di zaman sekarang tidak cukup hanya dengan cara konvensional. Ambu pun melebarkan jaringan promosi dan jualan melalui media online. Ambu pun aktif dagang secara online melalui media sosial, seperti Facebook dan Instagram. Alhamdulillah, hasilnya karaos. Namun yang terpenting, Ambu jadi banyak menjalin silaturahmi dan menambah baraya di berbagai daerah," tutur wanita paruh baya yang juga aktif di Komunitas Banyolan Sunda dan beberapa komunitas Sunda lainnya.

Untuk memperkenalkan khazanah produk khas Sunda, ia pun membidik segmen anak-anak. Aneka macam alat permainan tradisional Sunda ia kenalkan kepada anak-anak, seperti panggal (gasing), jajangkungan, peletokan, jampangan, dan lainnya. Menurutnya, usaha yang dijalaninya bukan sekadar bisnis semata namun berbalut idealisme agar generasi muda mengenal akar tradisi dan ciri khas urang Sunda.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan aneka produk Saung Ambu Tisum bisa mengunjungi gerainya dengan alamat di atas. Atau bisa juga menghubungi via akun facebook Ambu Tisum, via WhatsApp 0813-1208-1670 atau PIN BBM D2B76ED9. Untuk peta lokasi gerainya, silakan lihat di Google Maps.