Wisata Jabar

Panorama Pabangbon, Magnet Wisata Baru di Leuwiliang Bogor



Panorama Pabangbon Leuwiliang Bogor

Wisata yang menyajikan pemandangan alam kini menjadi tren. Beberapa tempat wisata di daerah-daerah di Jabar yang menyajikan view bentang alam memang menjadi magnet tersendiri. Sebut saja wisata alam The Lodge Maribaya di Bandung, Bukit Panenjoan di Purwakarta, Panyaweuyan Argapura di Majalengka, atau yang terbaru Pasir Kirisik di Tasikmalaya.

Bogor pun tak mau ketinggalan menyajikan wisata pemandangan alam dengan hadirnya spot viewdeck, namanya Pabangbon atau Panorama Pabangbon (Papa). Objek wisata ini berada di daerah Leuwiliang, Bogor. Untuk menuju lokasi tersebut, dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam jika berangkat dari pusat Kota Bogor. Bila mengambil arah dari Jakarta atau Depok - lewat Parung- Jalan Atang Sendjaya - arah ke Leuwiliang - pertigaan Karacak (sebelum Pasar Leuwiliang) - ke kiri - jalan bercabang - belok kanan - SMP 4 Leuwiliang/Desa Pabangbon - Gunung Benteng.

Perjalananmu akan terus berlanjut hingga kamu menemukan hutan pinus nan sejuk di ujung jalan, tandanya Anda sudah sampai ke lokasi wisata yang juga dinamai Saung Panineungan ini. Untuk kondisi jalan lumayan melintasi jalan tanjakan serta turunan seperti halnya di kawasan Puncak. Tempat wisata yang sedang ngehits di medsos ini konsepnya adalah Kampung yang berada diatas ketinggian 720 meter dpl.

Di sini pun ada layanan paket wisata camping ground, air terjun Cilame, pesona Gunung Meranti, Saung Panineungan, situs, offroad track, cross track, hammock, dll. Objek wisata ini, dikelilingi hutan pinus dan hutan penelitian meranti sehingga bisa juga dimanfaatkan untuk edukasi bagi masyarakat.

 Di lokasi wisata yang dibangun atas swadaya masyarakat sekitar itu juga memiliki view deck dan rumah pohon yang bisa digunakan untuk berfoto selfie. Paling banyak tiga orang bisa masuk dan foto selfie di rumah pohon tersebut.

Sementara untuk tiket masuk terbilang murah hanya Rp5000. Pengunjung dapat menelusur area yang masih asri ini, dengan pemandangan hutan pinus yang bisa digunakan untuk ngadem sambil hammocking. Pengunjung bisa berfoto di atas rumah pohon harus bersabar mengantre giliran bila pengunjung sedang ramai.