Wisata Jabar

Curug Landung, Destinasi Wisata Kekinian di Kuningan





Bila Anda sedang berkunjung ke Kab. Kuningan, Jawa Barat, cobalah mampir ke Kampung Palutungan, Blok Penca, Desa Cisantana, Kec. Cigugur. Di sana, ada wisata air terjun nan ekstotik yang namanya kini semakin ngehits di kalangan wisatawan. Namanya Curug Landung yang berlokasi di kaki Gunung Ciremai sebelah selatan. Lokasi wisata alam ini baru dibuka pada 2016 lalu.

Curug ini kini telah dikelola dengan baik. Pengelolaannya melalui kerjasama antara Komunitas Penggerak Pariwisata (Kompepar) juga penduduk setempat. Beberapa fasilitas pun sudah direvitalisasi sehingga nyaman dan instragamable banget buat dikunjungi, terutama oleh kawula muda. Di sana pun kini sudah ada beberapa spot menarik buat berselfie ria.

Curug ini terbentuk dari aliran sungai Curug Putri yang berada di kawasan objek wisata Palutungan yang berjarak kurang dari 1 Km. Keberadaan air terjun ini pun persis bersebelahan dengan pintu gerbang objek wisata Palutungan sebelah kiri.

Curug Landung mengandung arti "panjang" dengan ketinggian mencapai 30 meter. Di tempat wisata ini, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang indah nan asri. Cipratan air dari atas bisa Anda rasakan bila ingin menjajal dinginnya air terjun ini. Di bawahnya, jatuhan air mengalir deras membentuk aliran sungai jernih behiaskan bebatuan besar yang tersusun rapi oleh alam. Di sini pun ada area khusus untuk wisatawan bernama Jurang Landung.

Spot dan harga tiket masuk Jurang Landung
Jurang Landung dulunya merupakan area yang diperuntukan atau difungsikan sebagai rest area atau tempat beristirahatnya para pengunjung Curug Landung. Jurang Landung sendiri mulai dibuka pada tanggal 10 Mei 2017.

Beberapa spot yang ada di Jurang Landung, di antaranya:
1. Sun Flowers : Area yang dihiasi dengan bunga matahari yang cukup besar.
2. Wing Sky (Ayunan) : Area yang terdapat wahana ayunan. Selain cocok untuk spot berfoto, wahana ini
3. cocok untuk menguji adrenalin, karena berada tepat diatas jurang landung.
4. Sarang Burung : Area yang dihiasi dengan sarang burung yang cukup besar.
5. Tower Bambu : Area paling tinggi di Jurang Landung dimana di area tersebut terdapat hiasan rangakain bunga yang membentuk love.
6. Bambu Sky : Area yang dihiasi sayap burung yang terbuat dari besi.
7. Rumah Hobbit : Area rumah mini seperti rumah hobit di film lord of the rings.
8. Fasilitaslain: toilet, musholla, cafe, dll.

Hari tiket masuk :
Harga tiket masuk: Rp10.000 / orang.
Tiket parkir:
- Rp. 10.00 / mobil.
- Rp. 5000 / motor.

Tempat wisata ini buka setiap hari dari pukul 07.30 WIB s.d.18.00 WIB.