Wisata Jabar

Curug Cina, Wisata Alam di Subang yang Lagi Ngetop di Medsos





Ini nih destinasi wisata alam di Kabupaten Subang, Jawa Barat, yang mulain instragamable banget. Namanya Curug Cina yang berlokasi di Desa Curugagung, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang. Mengapa dinamakan Curug Cina? Konon pada zaman dahulu kala ada seorang pemburu yang berdarah Tionghoa yang melakukan perburuan dan meninggal di sekitar curug tersebut. Karena peristiwa tersebutlah yang menyebabkan tempat itu dinamai Curug Cina.

Kawasan wisata alam ini kini jadi tujuan baru para anak muda yang ingin menikmati keindahan alam sekalian berselfie ria. Memang, Curug Cina jadi magnet baru wisata di Subang di mana menyajikan panorama yang indah dengan birunya langit, sejuknya udara, diselingi hamparan sawah yang tertata rapi, kilaunya bebatuan beserta hijaunya pepohonan yang menyelimuti suasana wisata yang berada di sekitar curug tersebut.

Irama alam pun terasa menyejukkan dengan siraman air terjun yang deras, dingin, sejuk dan jernih. Sementara di samping Curug Cina tersebut terdapat juga sumber air panas. Curug Cina merupakan air terjun yang belum lama ini dibuka untuk wisata, pengelolaannya pun masih swadaya dari masyarakat setempat.

Untuk menuju Desa Curugagung tidaklah terlalu sulit. Kondisi jalan relatif bagus, medan jalan tidak terlalu sulit, serta jalur yang dilalui akan terus menyusuri permukiman penduduk dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Terdapat dua jalur utama untuk menuju Desa Curugagung. Jalur pertama yaitu melalui Kampung Batukapur dan jalur kedua melalui Desa Bunihayu

Rute ke Curug Cina
Akses ke Curug Cina bila dari Bandung terus ke arah Kota Lembang - arah Tangkubanparahu - arah Ciater/Sariater - Jalan Cagak - pertigaan - ke arah Purwakarta (kiri) - arah SMAN 1 Jalan Cagak - di seberang SMAN 1 Jalancagak terdapat jalan kecil dan pangkalan ojek, ambil jalur tersebut - lapangan sepak bola. Kendaraan dititipkan pada warga dan diparkirkan di sekitar lapangan sepak bola tersebut.