Wisata Jabar

10 Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Bandung Selatan





Bandung Selatan memiliki sejumlah destinasi wisata yang recommended untuk wisata keluarga. Bagi Anda yang ingin mengajak anak liburan di kawasan Bandung selatan, berikut ini rekomendasi beberapa tempat wisata dari tim wisatajabar.com:

1. Kampoeng Tulip
Kampoeng Tulip yang berada di Jl. Pasir Pogor, Ciwastra.  Area di dalam perumahan dengan luas sekitar 800 meter persegi ini menjadi sebuah kampung wisata berupa taman bunga lengkap dengan fasilitas kolam-kolam. Maskot kincir angin pun menjadi ikon di Kampoeng Tulip ini.

Kampoeng Tulip menyajikan aneka objek yang cocok buat selfie atau wefie. Di sini, pengunjung bisa berfoto dengan view kolam, bunga, rumah gaya Belanda, atau sepeda. Tampilan objek dan pernak-pernik di area wisata ini pun warna-warna sehingga memancing keceriaan para pengunjungnya. Di sini pun ada area untuk naik perahu, belajar panahan, terapi ikan, dan lainnya.

2. Taman Kelinci Ciwidey
Tempat ini memang mengkhususkan pada wisata interaksi dengan kelinci. Namanya Taman Kelinci. Bila dari arah Kota Bandung, letak Taman Kelinci di Ciwidey ini berada di jalur utama (sebelah kiri), tepatnya di Jln. Raya Ciwidey Rancabali km 33.7 Desa Cikembang, Panundaan Ciwidey, Kabupaten Bandung Taman Kelinci Ciwidey dibangun diatas lahan seluas 1.7 hektare yang dikembangkan menjadi salah satu tujuan wisata di kawasan Bandung Selatan dengan kelinci sebagai konsep utamanya.

3. Panghegar Waterboom
Lokasi wahana wisata bermain air ini ada di daerah Bandung selatan, tepatnya di Jl. Mengger Tengah No. 37, Bandung. Lokasi wisata berenang ini cocok bagi pengunjung, terutama anak-anak, yang ingin bermain sambil berolahraga air. Areanya terbilang luas dan ditunjang dengan konsep fasilitas terpadu. Area kolam renang di lokasi wisata ini cocok juga bagi para remaja dan orang tua. Fasilitas di sini pun terbilang lengkap, dari tempat parkir yang luas, kantin, mushola, hingga ruang ganti.

4. Tektona Waterpark - Kampung Batu Malaksari
Kampung Batu Malakasari atau bisa dikenal dengan Tektona Waterpark. Lokasinya berada di Jalan Raya Banjaran (Rencong), Desa Malakasari, Kec. Baleendah, Kab. Bandung. Dengan lokasi wisata seluas 50.000 meter persegi ini, pengunjung bisa wisata berenang, naik perahu, outbond, fun games, hingga mencicipi kuliner. Kawasan ini mempunyai ragam fasilitas yang bisa digunakan pengunjung.

Di sini ada kolam renang, danau, aula, area food court, masjid, hingga area parkir yang luas. Di lokasi wisata ini bisa jadi tempat liburan anak-anak sekolah, gathering kantor, wisata keluarga, hingga tempat latihan manasik haji anak-anak PAUD/TK.

5.  AW Strawberry
Objek wisata AW Strawberry di daerah Pacet, Kab. Bandung. Lokasinya lumayan mudah dijangkau dari Kota Bandung. Tinggal mengarahkan kendaraan ke arah Ciparay, dari Terminal Ciparay naik terus hingga ke Jln. Raya Pacet KM 15, Pacet, Kertasari, Kab. Bandung. Jalan yang dilalui dari Ciparay hingga ke tempat wisata ini lumayan mulus. Menjelang objek wisata memang jalannya menanjak. Di sinilah kita bisa menikmati keindahan alam dari ketinggian. Tempat wisata ini cocok buat mengasuh anak-anak.

6. Ciwidey Valley Resort
Berlokasi di Barutunggul KM 17, Alamendah, Rancabali, Ciwidey. Jaraknya beberapa ratus meter sebelum kawasan wisata Kawah Putih. Ciwidey Valley Resort menjadi tempat wisata favorit baru di Bandung selatan. Banyak wisatawan yang kini mencantumkan Ciwidey Valley Resort sebagai tujuan berwisata di Bandung.

7. Fun Station Bandung
Tempat wisata petualangan anak ini berada di kompleks perumahan Singgasana Pradana/Mekarwangi. Lokasinya tak jauh dari Jln. Moh. Toha dan Cibaduyut. Jika keluar tol Moh. Toha belok kiri ke arah Kompleks Mekarwangi kemudian ke arah Perumahan Singgasana Pradana (lebih dekat dari arah Jalan Cibaduyut). Untuk ke dalam perumahan memang tidak ada akses angkutan umum.

Konsep yang ditawarkan di Fun Station Bandung adalah wahana permainan indoor dan outdoor. Salah satu keunikan Fun Station Bandung karena memiliki maze atau wahana labirin yang akan merangsang kecerdasan anak untuk mencari jalan keluar dari labirin tersebut. Beberapa taman labirin bahkan ada yang berdindingkan tanaman hingga dari tembok yang disusun dengan baik. Taman labirin ini berada di area depan dekat pintu masuk.

8. Pemandian air panas Ciwidey
Ada banyak pilihan tempat pemandian air panas di Ciwidey yang cocok buat anak-anak. Anda bisa membawa anak-anak ke Ciwalini ataupu Cimanggu.

9. Pesona Nirwana Waterpark
Pesona Nirwana Waterpark berlokasi di Kampung Legok Jeungjing di Desa Panyirapan, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung. Untuk menuju lokasi ini ke arah Soreang, Kab. Bandung lalu dari Kantor Pemda arahkan kendaraan ke kiri menuju Desa Panyirapan.

10. Barusen Hills
Tempat ini kini menjadi hits di media sosial, terutama instagram. Banyak netizen terutama kawula muda yang mengunggah foto-foto keindahan di Barusen Hills. Spot berfoto di antara bunga-bunga di Barusen Garden atau di depan kincir angin sangat indah dan memesona. Belum lagi foto kawasan Barusen Hills yang dipotret dari ketinggian. Bagi yang ingin memotret dengan sisi romantisme, ada taman berupa paduan bunga-bunga membentuk simbol love. Fasilitas di Barusen Hills: kolam renang, taman bunga, area parkir yang luas, saung-saung, tempat bilas, kantin, villa-villa, dll.