Wisata Jabar

Wisata Pendidikan Kampung Kahuripan Cirangkong, Purwakarta





Nama Kampung Kahuripan Cirangkong, Kabupaten Purwakarta kini mulai terangkat di media sosial. Kampung Kahuripan Cirangkong adalah destinasi eduwisata yang baru diresmikan pada Selasa, 9 Mei 2017 oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Pembenahan memang masih dilakukan di kampung wisata ini. Lokasinya sendiri berada di Desa Cirangkong, Kec. Cibatu, Purwakarta.

Di kampung wisata ini, wisatawan dapat belajar mengenal seputar lingkungan dan budaya Sunda. Untuk fasilitas yang disediakan ada pengenalan permainan Sunda;  kesenian Sunda seperti calung dan angklung; hingga pengenalan energi alternatif tenaga surya dan air. Di sini pun ada spot taman bermain anak, saung-saung, pondok wisata, jembatan cinta dari bambu, hiking track, agrowisata, camping ground, dll. Pengunjung bisa jalan-jalan mengitari kampung sekalian berselfie ria.

Di lokasi ini pun terdapat fasilitas pertemuan juga area untuk menggelar resepsri pernihakan. Sementara ke depannya akanada juga progam paket menginap sehingga akan lebih lengkap untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin berwisata dengan suasana berbeda dan lebih dekat dengan alam.

“Di wisata Kampung Kahuripan ini sengaja kami bangun dengan harapan membantu program pemerintah khususnya bapak Dedi Mulyadi selaku Bupati Purwakarta mengembangkan dan mempertahankan budaya kesundaan dengan sasaran para pelajar dan masyarakat umum, ” papar Rahmat Mujianto pengelola
Kampung Kahuripan.

Ke depannya, beberapa fasilitas memang akan ditambahkan seperti apotek hidup dan aneka hewan ternak. Kampung wisata pendidikan ini diharapkan dapat jadi destinasi rekreasi yang menyenangkan dan memberikan pengetahuan soal alam dan lingkungan serta budaya Sunda dengan baik.

Kampung Kahuripan Cirangkong sendiri termasuk salah satu bidikan para investor sejak 2016 lalu. Pada tahun lalu, ada lima lokasi kampung wisata di Purwakarta yang akan dikembangkan yakni: Kahuripan-Cirangkong, dua lokasi di Kutamanah, Ciririp, dan Wanayasa.

Untuk lokasi kampung wisata paling luas ada di Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari. Luasnya 300 hektare. Sementara Kampung Wisata Cirangkong sendiri termasuk yang paling kecil, hanya sekitar 6 hektare. Adapun konsep pembangunan kampung-kampung wisata tersebut tidak merusak alam. Yang boleh dieksploitasi hanya keindahan alamnya saja.