Wisata Jabar

Pemkab Sukabumi Gelar Malam Pesona Geopark Ciletuh-Palabuhanratu



Malam Pesona Geopark Ciletuh-Palabuhanratu

Pemerintah Kabupaten Sukabumi menggelar acara Malam Pesona Geopark Ciletuh-Palabuhanratu 2017 di Gor Palabuhanratu, Jl. Jenderal Ahmad Yani, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu malam (10/5/17). 
Acara Malam Pesona Geopark Ciletuh-Palabuhanratu ini merupakan ajang promosi dan sosialisasi Geopark Ciletuh-Palabuhanratu.

Seperti diketahui sebelumnya, bahwa Geopark Ciletuh-Palabuhanratu sedang dalam proses pengajuan untuk menjadi UNESCO Global Geopark (UGG). Rencananya tim asesor atau penilai dari UNESCO akan datang mengunjungi Ciletuh-Palabuhanratu pada Juni 2017 mendatang.

Dalam acara Malam Pesona ini ditampilkan berbagai seni dan budaya, tayangan tentang keindahan alam Ciletuh-Palabuhanrtau, serta fashion show batik khas Pakidulan. Wagub Demiz optimis dengan berbagai kekayaan alam, keanekaragaman hayati, dan seni-budaya yang ada Ciletuh-Palabuhanratu akan bisa mewujudkan cita-cita sebagai Geopark Dunia atau UGG. Deddy Mizwar pun berkeinginan untuk membangun gedung kesenian di Geopark Ciletuh-Palabuhanratu.

“Makanya kalau lihat begini (pertunjukan seni-budaya di Malam Pesona) agaknya di Palabuhanratu ini, sama Palangpang juga Ujung Genteng bisa dibuatkan gedung kesenian atau amphitheater yang hanya pakai guwungan saja, sehingga betul-betul anak-anak mudanya ini bisa mengekspresikan kreatifitas mereka,” ujar Demiz.

Mengolah potensi seni budaya Sukabumi
Demiz juga memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan acara Malam Pesona ini. Acara tersebut bisa menjadi ruang kreativitas – khususnya generasi muda di Ciletuh dan Palabuhanratu untuk mengolah berbagai potensi yang ada.

“Acara (Malam Pesona) ini menjadi ruang bagi anak-anak muda khususnya yang kreatif agar bisa mengolah seni-budaya yang ada disini menjadi sebuah atraksi yang menarik, karena sekarang kepariwisataan itu bukan hanya alam tapi juga atraksi seni-budaya masyarakat setempat,” tukas Demiz.

Untuk menjadi sebuah Geopark Dunia tak hanya keindahan alam dan seni-budaya yang menjadi patokan. Keterlibatan atau peran serta masyarakat dalam melestarikan kekayaan alam dan seni-budaya yang ada juga menjadi salah satu pertimbangan. Apalagi apabila peran serta tersebut menjadi nilai tambah dalam peningkatan taraf hidup ekonomi masyarakat di sekitar geopark.

Pembenahan sektor pendukung pariwisata di Ciletuh
Pemprov Jawa Barat pun berkomitmen untuk membenahi sektor pendukung pariwisata di Ciletuh dan Palabuhanratu. Salah satunya membangun infrastruktur yang memadai. Demiz mengaku pihaknya akan mendorong agar Pemerintah Pusat bisa membantu pembangunan bandara serta jalan tol langsung ke Palabuhanratu (Jakarta-Bogor-Palabuhanratu). Untuk itu, kerjasama semua pihak diperlukan agar bersinergi membangun wisata Ciletuh-Palabuhanratu.

“Kalau ada jalan tol ke Palabuhanratu itu adalah perjalanan wisata karena melewati daerah-daerah yang indah. Andai kata pun cukup jauh secara kilometer tapi indah pemandangannya – tidak akan terasa (perjalanan jauh). Itu juga akan menumbuhkan perekonomian sepanjang jalan tol tadi,” jelas Demiz.

“Kita tahu bahwa kepariwisataan menjadi andalan kita saat ini. Karena itu saya meminta dengan sangat seluruh stakeholder bersinergi untuk mewujudkan itu semua,” pintanya.