Wisata Jabar

Rehat Sejenak Menikmati Keindahan Alam Telaga Warna





Suka wisata ke kawasan Puncak Bogor? Kali-kali, mampirlah ke Telaga Warna. Tempat wisata ini berlokasi di Desa Tugu, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor ini pengunjung akan dimanjakan indahnya panorama alam yang khas dan unik. Keunikan telaga ini adalah warnanya yang secara ilmiah perubahan warna itu disebabkan oleh ganggang di telaga. Tumbuhan jenis algae ini bisa berubah-ubah warnanya sehingga air danau pun turut terlihat berubah warna.

Objek wisata ini berada di dekat perkebunan Teh PTP VII Gunung Mas. Sebelum ditetapkan sebagai kawasan taman wisata pada tahun 1972, kawasan Telaga Warna Puncak Pass Cisarua - Bogor, merupakan bagian dari Kawasan Cagar Alam hutan Gunung Mega Mendung dan hutan Gunung Hambalang. Luas keseluruhan Taman wisata Telaga Warna sendiri adalah 5 hektare, sedangkan luas telaganya kurang lebih 1.5 hektare.

Selain dapat menyaksikan fenomena alam yang penuh misteri dan nuansa mistis, juga akan disajikan keunikan air danau kecil yang berada tak jauh dari Puncak Pass ini. Sebab, air danau dapat berubah warna setiap saat. Terkadang hijau menyatu dengan warna pepohonan yang mengelilinginya, bahkan menjadi cokelat, kuning gelap hingga kuning terang. Tempat ini pun sangat pas bagi yang senang memotret.

Di kawasan wisata alam ini. wisatawan dapat menikmati pemandangan dan mengelilingi danau menggunakan perahu, rakit atau bersepeda air. Di kawasan ini pun masih dapat dijumpai beberapa jenis flora asli hutan tropika pegunungan, seperti Puspa dan Kihiur serta beberapa tanaman tingkat rendah, antara lain Paku Tiang, Rame, dan Rotan. Sementara, penghuni alam di sin ada beberapa jenis fauna liar, seperti hewan mamalia, primata, aves, dan reptilia. Adapun mamalia yang masih ada ialah macan tutul dan babi hutan. Kemudian jenis primata yang dilindungi di objek wisata Telaga Warna ialah kera abu-abu, surili , dan lutung.

Fasilitas dan harga tiket
Beberapa fasilitas yang bisa dijajal di sini ada wahana air, trekking, flying fox, melihat satwa, dll. Fasilitas umum ada penginapan, rumah makan, musala, dan toilet umum. Kawasan wisata Telaga Warna buka setiap hari  mulai pukl 08.00 sampai pukul 17.00 WIB dan harga tiket masuk Rp7.500.

Akses ke Telaga Warna
Adapun untuk akses ke wisata Telaga Warna, bila berangkat dari arah Bogor, patokannya adalah masjid Atta’awun. Setelah melewati masjid di sebelah kiri jalan ada sebuah jalan kecil yang dilapisi paving block yang merupakan jalan masuk ke area wiata Telaga Warna. Adapun bila dari arah Cianjur, patokannya adalah restoran Rindu Alam.