Wisata Jabar

Rangkaian Air Terjun Eksotis di Wanawisata Curug Tujuh Cibolang, Panjalu





Keindahan wisata alam air terjun menjadi primadona tersendiri bagi wisatawan. Hampir setiap daerah di Jawa Barat mempunyai wisata air terjun. Seperti halnya di daerah Ciamis, nama Curug Tujuh kini menjadi primadona wisatawan. Curug Tujuh (Curug Cibolang) merupakan aliran yang bertingkat-tingkat sampai 7 air terjun,. yakni Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Simantaja, Curug Cileutik, dan Curug Cibuluh.

Curug Tujuh bagi masyarakat setempat berkaitan dengan legenda bahwa air terjun tersebut berasal dari air mata raja. Curug ini walau musim kemarau tidaklah kering kerontang. Istimewanya, airnya tidak pernah surut sekalipun musim kemarau. Tempat wisata ini pun menjadi destinasi kekinian bagi para pelancong yang datang dari Ciamis sendiri maupun dari luar kota.

Curug Tujuh berlokasi di area wanasita seluas 20 hektare yakni di kawasan hutan RPH Panjalu BKPH Ciamis KPH Ciamis. Lokasinya sendiri termasuk Desa Sanding Taman, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis.Objek wisata alam nan resik ini terletak pada ketinggian sekitar 800-900 di atas permukaan laut. Di lokasi ini pun biasa menjadi tempat berkemah.

Salah satu air terjun favorit pengunjung untuk disambangi adalah Curug Satu. Curug ini berjarak kurang lebih 50 m dari gerbang. Curug Satu merupakan curug yang paling besar. Ketinggian Curug Satu sekitar 120 meter dengan lebar 20 meter dan di sisi kirinya terdapat tebing datar.
Destinasi wisata ini berada di kawasan hutan yang dikelola oleh Perum Perhutani.

Untuk menuju objek wisata Curug Tujuh Panjalu / Curug Cibolang bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Lokasi Curug Tujuh terletak di Desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu, di kaki Gunung Sawal. Lokasinya kurang lebih 35 km dari Kota Ciamis ke arah utara.

Bila ingin menyambangi tempat ini dengan kendaraan umum, bisa naik angkutan umum dari Terminal Ciamis menggunakan jurusan Ciamis-Panjalu. Bila dari Bandung naik elf jurusan Ciamis via Panjalu. Untuk harga tiketnya hanya Rp7.500.