Wisata Jabar

Karang Para, Wisata Pemandangan Alam Nan Romantis di Sukabumi





Nama Karang Para kini mulai mencuat dalam pilihan destinasi wisata di Jawa Barat. Tempat wisata di Sukabumi ini pamornya kian naik setelah ribuan netizen mengunggah foto objek wisata yang baru dibuka beberapa bulan yang lalu ini. Karang Para pun menjadi magnet wisata baru bagi wisatawan lokal Sukabumi sendiri maupun para pelancong yang sengaja datang dari luar kota. Lokasinya sih agak mirip Stone Garden di Padalarang, Kab. Bandung Barat.

Jembatan berbentuk hati
Keunikannya, spot khusus jembatan bambu berbentuk love menjadi daya tarik. Konsep "love" memang menjadi daya jual tersendiri bagi tempat wisata alam berbasis foto selfie bagi para pengunjung. Beberapa lokasi di daerah-daerah di Jawa Barat banyak yang menyajikan konsep cinta ini. Maka, para pengunjung terutama kaum muda banyak yang memilih objek wisata dengan sajian pemandangan indah plus bisa berfoto selfie di atas  spot cinta tersebut.

Tempat wisata yang sedang jadi primadona di Sukabumi ini terletak di Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunung Guruh. Di lokasi wisata itu tersaji panorama alam alami dan suasana pedesaan. Selain itu, terhampar bebatuan karang yang menyerupai beragam masjid, hiu, para (atap), goa dan lainnya.

Untuk aksesnya, tak jauh dari pusat Kota Sukabumi yang hanya sekitar 10 kilometer. Infrstruktur jalan  jalan pun sudah baik. Di lahan seluas kurang lebih 12 hektare tersebut para wisatawan biasa berswafoto (selfie) di jembatan love dengan pemandangan Kota dan Kabupaten Sukabumi serta Pajampangan.

Wistaa murah meriah
Untuk sarana penunjang, pihak pengelola telah menyediakan toilet umum, mushola, tempat wudhu dan beberapa warung.  Objek wisata ini dikelola oleh warga dan pemerintah desa, untuk tarif masuknya pun hanya Rp 2.000 perorang dan ada tambahan biaya jika ingin berfoto 'selfie' di jembatan hati yakni Rp 2.000.

Adapun rata-rata pengunjung saat weekdays sekitar 200 - 300 orang. Saat weekend dan musim liburan bisa mencapai 2.000 orang lebih.