Wisata Jabar

Event Pasar Seni Lembur Sumedang



Peringatan Milangkala Sumedang ke-439 di tahun 2017 diisi dengan berbagai kegiatan. Berbagai acara yang bertajuk mengangkat potensi pariwisata, menumbuhkan budaya lokal serta melestarikan kesenian daerah. Acara-acara tersebut, di antaranya Pekan Rakyat Jatigede di sekitar bendungan utama, Waduk Jatigede, 23-25 April.

Kegiatan lain yang diselenggarakan yakni Parakan Kondang White Water Challlange (PWWC).  Kegiatan olahraga arung jeram diadakan di Kadujaya, Kec. Jatigede, 28-29 April.  Lalua da event Java Jeep Sumedang Adventure yang diselenggarakan Disparbudpora di puncak bukit Batudua Gunung Lingga, Kec. Cisitu, 15-17 April.

Kegiatan lainnya ada Pasar Seni Lembur Sumedang.  Event yang akan digelar dari Selasa - Minggu, 25 - 30 April 2017 ini akan diisi dengan pameran karya seni dan produk kreatif; pentas seni tradisional Sumedang, permainan tradisional, teater Sunda, potensi wisata Sumedang, Malam Anugerah Green Award, pertunjuka band, hingga lomba menu nonberas. Kegiatannya sendiri diadakan di Alun-Alun Sumedang.

Dilansir dari sumedangtandang.com, Pasar Seni Lembur Sumedang diselengarakan sebagai media untuk berekspresi bagi berbagai komponen masyarakat Sumedang. Berbagai komponen masyarakat Sumedang yang memiliki potensi yang selama ini berserakan dan berjalan sendiri-sendiri harus diberi ruang dan tempat sebagai wadah untuk menampilkan potensinya.

Diharapkan dengan adanya wadah ini bisa mengangkat potensi yang ada di Sumedang dan mensinergikan potensi-potensi tesebut. Berbagai komponen masyarakat Sumedang seperti seniman, budayawan, pengrajin dan UKM serta potensi lainnya bisa bersatu dan bersinergi dalam wadah disediakan. Hal ini memunculkan media Pasar Seni Lembur Sumedang.

Event Pasar Seni Lembur Sumedang terdapat berkonsep Lembur Motekar yang menampilkan produk-produk hasil ekonomi kreatif seperti craft/kerajinan dan keahlian unik yang berada di Sumedang; Lembur Kuliner yang diisi oleh para UKM di bidang makanan dengan tambahan adanya diorama pembuatan tahu dan musium tahu. Kemudian ada lagi Lembur Seni yang menampilkan berbagai nilai kreatif seni Sumedang yang di dalamnya terdapat pameran foto yang berisi potensi Sumedang dan kegiatan sosial Sumedang. Selain itu, dalam event ini pun akan menyajikan Lembur Budaya yang berisi tentang gambaran sejarah dan budaya Sumedang.