Wisata Jabar

Curug Bu'ud, Destinasi Wisata Alam Sumedang yang Bakal Ngehits




Wisata alam Sumedang sebetulnya merupakan potensi yang bila digarap dengan baik bakal jadi andalan kota di timur Bandung tersebut. Beberapa tempat wisata alam memang belum digarap secara optimal. Namun, di era media sosial, terkuaknya tempat-tempat wisata yang eksotis di Sumedang memancing para petualang untuk menyambangi tempat wisata di Sumedang.

Inilah kondisi dimana gerak cepat para warga internet (netizen) tak sebanding dengan gerak pemerintah daerah setempat untuk segera membenahi tempat wisata tersebut agar lebih mudah dan nyaman untuk dikunjungi wisatawan, baik dari Sumedang sendiri maupun dari kota lainnya. Namun bila objek wisata mulai ngehits, biasanya ada upaya pihak penduduk setempat dan pihak desa untuk membenahi tempat wisata tersebut.

Seperti nama Curug Bu'ud/Curug Buhud yang kini semakin ngehits di media sosial. Daya tarik Niagara mini di Dusun Cipicung, Desa Sukatani, Kecamatan Tanjungmedar, Sumedang, tersebut menyedot perhatian para wisatawan untuk merasakan sendiri keindahan air terjun tersebut.  Nama Buud sendiri konon katanya karena lokasinya berada di belakang kantor Badan Usaha Unit Desa (BUUD) namun entah kenapa pelafalannya ada yang menyebut juga Curug Buhud.

Keunikan curug ini, penampakannya seperti Curug Dengdeng di Tasikmalaya atau Curug Malela di Kabupaten Bandung Barat. Lebar air terjun ini sekitar 30 meter dan paduan kesejukan alam di sekitarnya yang hijau menambah suasana asri. Adapun ketinggian air terjun sekitar 6 meter dengan hiasan bebatuan sangat pas untuk foto-foto selfie.

Untuk menuju Curug Bu'ud ini, tinggal menuju Kecamata Tanjungmedar. Sebelum SD Sukatani ada jalan menurun di area kebun warga. Biar lebih mudah, silakan gunakan GPS di smartphone baraya, Untuk yang bawa kendaraan bermotor bisa parkir di dekat akses ke curug dan menitipkan pada penduduk setempat.