Wisata Jabar

Curug Awang, Niagara Mini di Kawasan Geopark Ciletuh





Sekilas, kawasan air terjun di Geopark Ciletuh ini seperti Curug Dengdeng di daerah Tawang, Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya. Para wisatawan menyebut air terjun ini dengan "Niagara Mini dari Sukabumi". Curug Awang, itulah nama wisata alam air terjun yang aliran airnya dari Sungai Ciletuh. Curug Awang memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan lebar 60 meter. Dinding batu alam menjadi ciri khas curug ini.

Curug ini merupakan air terjun pertama dari deretan tiga air terjun di Sungai Ciletuh yang terletak di Desa Taman Jaya, Kec. Ciemas selain Curug Tengah dan Curug Puncak Manik. Uniknya, saat musim kemarau Curug Awang akan memiliki dua air terjun dengan air terjun utama di sebelah kanan dan air terjun kecil di sebelah kiri. Penduduk setempat menyebut air terjun yang kecil dengan sebutan Anak Curug Awang, sedangkan air terjun utama yang lebih besar dengan sebutan Curug Awang Indung.

Untuk menuju lokasi curug Awang, pengunjung bisa menggunakan mobil biasa (bukan mobil offroad) karena keadaan jalan yang masih cukup bagus. Perjalanan menuju Curug Awang terbilang mudah, tidak perlu bersusah payah menuju tempat ini. Jalanannya melewati pematang sawah dengan kondisi cenderung datar yang memakan waktu sekitar 10 menit.

Setelah tiba di parkiran, pengunjung harus berjalan kaki di jalanan berbatu dengan sedikit menurun, kemudian dilanjutkan menuju persawahan, melintasi jembatan. Sesudah melewati jembatan ini, Curug Awang sudah bisa terlihat dari kejauhan. Sementara kolam di bawah curug ini sangat dalam sehingga sangat tidak disarankan untuk berenang. Pengunjung pun bisa menikmati keindahan air terjun ini dari atas bukit yang berada sedikit lebih tinggi dari Curug Awang.

Semenetara untuk fasilitas,  sudah ada tempat parkir, toilet, saung, serta beberapa warung yang menjual makanan dan minuman. Untuk retribusi masuk Rp3000, parkir motor Rp3000, dan parkir mobil Rp5000. Untuk rute aksesnya bila dari Bandung ke Padalarang –  Cipatat – Cianjur – Sukabumi – Jalan Pelabuhan – Jalan Cibatu –Jalan Cijambe – Jalan Tegal Lega – Jalan Pelabuhan Ratu – Jampang Kulon – Jalan Waluran – Tamanjaya – Geopark Ciletuh. Curug Awang ini berada di pinggir jalan sebelah kiri tidak jauh dari Kantor Sekretariat PAPSI (sekitar 1 km terdapat plang penunjuk arah menuju lokasi Curug Awang).