Wisata Jabar

Tempat Nongkrong dan Spot Bertofo Terkenal di Bandung





Rekreasi, selfie, belanja, dan kuliner itulah yang jadi tujuan para wisatawan ke Bandung. Tempat wisata yang ngehits di media sosial biasa menjadi tujuan wisatawan saat liburan di Bandung. Beberapa tempat wisata pun tak harus mengeluarkan biaya masuk namun tempat-tempat tersebut menyajikan pengalaman berwisata tak terlupakan.

Saat menyambangi tempat wisata di Bandung, kegiatan mengabadikan lokasi atau sekadar nongkrong memang jadi keasyikan tersendiri. Bahkan mungkin belum ke Bandung kalau belum ke tempat tersebut. Berikut ini beberapa tempat yang jadi spot untuk nongkrong sambil menikmati spot wisata di seputaran Bandung.

1. Kawasan Alun-Alun Bandung
Inilah kawasan area publik yang jadi destinasi para wisatawan saat berlibur ke Bandung. Di tempat ini beberapa spot sangat pas buat nongkrong sekaligus berfoto-foto ria. Untuk menyambangi satu lokasi ke lokasi lainnya tidak sulit karena jaraknya berdekatan.

Selain itu, akses ke kawasan Alun-Alun Bandung pun terbilang mudah. Untuk ke kawasan Alun-Alun Bandung, wisatawan bisa dari Terminal Cicaheum, Terminal Leuwipanjang, pool travel di Cihampelas, atau dari Stasiun Bandung. Banyak kendaraan umum (angkot dan bus DAMRI yang menuju Alun-Alun Bandung).

Di kawasan Alun-Alun, wisatawan bisa nongkrong dan berfoto-foto di depan Gedung Merdeka. Di area Jln. Asia - Afrika dekat Gedung Merdeka pun ada gedung Hotel Savoy Homann yang bersejarah dan beberapa gedung tua lainnya.

Di sebelah Gedung Merdeka ada Cikapundung Riverspot. Lalu, berjalan beberapa ratus meter ke arah barat ada Taman Alun-Alun Bandung. Untuk berfoto bisa di taman tersebut; latar belakang Masjid Agung; atau bergeser sedikit ke selatan di depan Pendopo Bandung (Rumah Dinas Walikota Bandung). Beranjak ke selatan sedikit, ada Gedung Kantor Pos Besar dan monumen bekas penjara Banceuy yang dulu pernah jadi tempat Ir. Soekarno dibui oleh pihak Belanda.

2. Kawasan Balai Kota dan Braga
Balai Kota Bandung sekarang ini menjadi spot nongkrong dan berfoto favorit wisatawan. Di area ini, wisatawan bisa menikmati Taman Balai Kota, Gedung Balai Kota yang bersejarah, atau nongkrong di Taman Sejarah yang ada di belakang Gedung Balai Kota. Persis di pinggir timur Balai Kota, ada area Taman Sungai Cikapayang dan di seberang timur taman tersebut ada Taman Vanda yang sangat ngehits di kalangan wisatawan.

Untuk background berfoto bisa di depan Gedung Bank Indonesia yang termasuk gedung bersejarah. Lebih ke selatan sedikit dari Taman Vanda melintasi rel kereta bisa ke kawasan Jalan Braga. Anda bisa berfoto dengan latar gedung-gedung tua juga lukisan-lukisan yang dijual di toko-toko seni yang ada di sana.

Bila main ke Bandung rasanya wajib buat nongkrong di Jalan Braga ini. Spot lain untuk berfoto di Jln. Braga visa ke Taman Braga yang ada di depan Gedung Bank BJB (selatan Jln. Braga/Jln. Braga Pendek) yang nembus langsung ke Jalan Asia Aftika.

Dari area Balai Kota pun, wisatawan bisa beranjak ke arah utara dengan nongkrong di Bandung Indah Plaza (BIP) atau langsung lebih ke utara ke arah Jalan Dago. Dari satu lokasi ke lokasi lain bisa disambangi dengan berjalan kaki atau naik sepeda.

3. Kawasan Gasibu
Inilah kawasan yang jadi ikon Kota Bandung, yakni Gedung Sate. Wisatawan dapat mengabadikan serunya berlibur di Bandung dengan berfoto berlatar Gedung Sate yang megah. Dari depan Gedung Sate, tinggal menyeberang jalan ke Lapangan Gasibu yang pas buat nongkrong atau jalan kaki di jogging track yang ada di lapangan tersebut.

Dari dekat Gedung Sate, bisa menyisir ke arah timur yakni ke kawasan Gedung Museum Geologi dengan arsitektur megah khas zaman kolonial. Lalu, persis dekat Gedung Sate arah timur ada Taman Lansia yang juga di dekatnya merupakan kawasan wisata kuliner terkenal yakni Jln. Cisangkuy.

Bila masih ingin jalan-jalan, coba dari Lapangan Gasibu jalan kaki ke arah utara yakni menyambangi Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat atau biasa dikenal dengan Monju. Lalu, di dekat Monju pun berdiri gedung Universitas Padjadjaran (Unpad). Dan di sekitarnya merupakan sentar kuliner Bandung utara.

4. Kawasan Jln. Cihampelas
Nah, di kawasan ini kini ada spot baru namanya Teras Cihampelas atau Skywalk Cihampelas. Wisatawan bisa jalan-jalan di atas jembatan yang khusus buat pejalan kaki. Di Teras Cihampelas pun bisa nongkrong asyik bareng dengan adanya tempat duduk khusus buat pengunjung. Sambil nongkrong, bisa sambil menikmati kuliner atau belanja oleh-oleh Bandung di lapak para PKL yang ada di spot Teras Cihampelas.

Lepas itu, bisa turun kemudian belanja aneka pakaian seperti kaos, celana jeans, aneka merchandise Bandung, dan aneka oleh-oleh makanan. Jalan-jalan pun bisa dilanjut dengan main ke mall Cihampelas Walk (Ciwalk). Dekat Cihampelas ke arah utara, ada juga spot buat nongkrong yakni Teras Cikapundung atau ke taman hutan kota Babakan Siliwangi (Baksil) di Jln. Siliwangi. Dari Jln. Siliwangi ini nembus ke Jln. Dago dan kawasan Jln. Dipatiukur.